10 Tools Rahasia Dari Google Yang Belum Anda Tahu

Posted on

Dapatkah Anda menyebut diri Anda ahli pemasaran konten? Bahkan jika Anda menjawab “iya”, masih banyak cara untuk meningkatkan kinerja Anda.

Bahkan jika Anda adalah salah satu dari 42% pemasar B2B yang mengklaim efektif dalam pemasaran konten, Anda masih memiliki banyak ruang untuk perbaikan.

Jika Anda ingin memaksimalkan pemasaran konten Anda, Anda harus tahu strategi apa yang harus diterapkan, dan yang terpenting, alat apa yang akan digunakan.

Riset kata kunci yang baik, strategi pemasaran media sosial yang sempurna, dan keterampilan pengoptimalan mesin pencari terbaik semuanya dapat sangat berkontribusi pada kesuksesan Anda sebagai pakar pemasaran konten.

Sayangnya, ketika menyangkut alat pemasaran konten, banyak yang sering direkomendasikan oleh para ahli sangat mahal, dan pemasar konten rata-rata tidak mampu membelinya.

Nah, inilah kabar baiknya: Ada banyak alat gratis di luar sana yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil yang sama, dan banyak di antaranya dimiliki oleh G besar (Google).

10 Tools Rahasia Dari Google Yang Belum Anda Tahu

Menariknya, banyak orang tidak memanfaatkan alat ini, bukan karena mereka tidak mau, tapi karena mereka tidak peduli dengan alat ini. Mereka masih melihat Google hanya sebagai mesin pencari dan tidak ada yang lain.

Itu membawa kita pada apa yang akan kita bicarakan hari ini …

Dalam posting ini, saya akan berbagi dengan Anda sepuluh alat Google gratis yang harus Anda gunakan sebagai pemasar konten. Ini adalah alat yang tidak dapat Anda abaikan jika Anda serius dengan bisnis Anda.

Entah Anda seorang pemula, perantara, atau profesional, Anda pasti akan mengambil sesuatu dari pos ini.

1. Google Search Console

Ini adalah salah satu alat gratis terbaik yang pernah Anda gunakan sebagai webmaster. Waktu yang Anda habiskan di Google Search Console tidak pernah sia-sia.

Semakin Anda menggunakan alat ini, semakin Anda menjadi kecanduan karena hanya ada banyak hal untuk dipelajari.

Dengan alat Google Search Console SEO, Anda dapat mempelajari keseluruhan kesehatan situs web Anda dan mengetahui di mana melakukan perubahan untuk memastikan bahwa situs Anda berkinerja baik dengan SEO.

Ada juga banyak hal menakjubkan lainnya yang bisa Anda lakukan dengan GSC.

Beberapa fitur yang saya gunakan secara teratur tercantum di bawah drop-down “Lalu-lintas Penelusuran”:

Misalnya, tautan “Analisis Penelusuran” memungkinkan saya menganalisis dengan cepat kinerja situs saya di Google Penelusuran:

Jika saya ingin tahu bagaimana kinerja kata kunci saya, saya akan mengeklik tombol Posisi untuk mempelajari lebih lanjut. Ini akan memunculkan posisi rata-rata untuk semua kata kunci yang muncul di Google Search:

Sebagai pemasar konten, Anda harus benar-benar terbiasa dengan alat Google Search Console; Anda berdiri untuk mendapatkan banyak dari itu. Bahkan jika Anda hanya melacak beberapa metrik kunci, waktu yang Anda habiskan untuk itu akan sangat berharga pada akhirnya.

2. Google Keyword Planner

Apakah Anda masih mencari alat yang bagus untuk membantu Anda menemukan kata kunci terbaik di industri Anda?

Meskipun ada banyak alat yang dapat melakukan ini, Perencana Kata Kunci gratis Google tetap menjadi godfather dan salah satu yang terbaik.

Meskipun sangat mudah digunakan, semakin Anda bereksperimen dengannya dan semakin banyak pencarian yang Anda lakukan, semakin baik Anda memahami bagaimana memanfaatkannya untuk kesuksesan Anda.

Dengan menggunakan kata kunci “pemasaran konten” sebagai contoh, salah satu kata kunci terberat yang berperingkat di Google, persaingannya sangat ketat.

Tapi Anda tidak perlu menargetkan kata kunci yang tepat. Dengan Perencana Kata Kunci Google, Anda dapat dengan mudah menggali kata kunci ekor panjang terkait yang akan lebih mudah di rangking:

Setelah mendapatkan kata kunci benih ini, Anda sekarang dapat memasukkannya ke alat penelitian kata kunci favorit Anda (seperti Ahrefs , SEMRUSH , Long Tail Pro ) untuk menemukan lebih banyak ide ekor panjang.

Sebagai pemasar konten, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan alat gratis ini. Mengapa tidak mulai memanfaatkannya hari ini?

3. Google Spreadsheet

Sebagai pemasar konten, Anda memerlukan sistem yang bagus untuk merekam dan melacak data. Ada juga saat Anda mungkin perlu membagikan data ini dengan tim Anda.

Anda benar-benar dapat menggunakan Microsoft Office Excel untuk melakukan ini, namun tidak memiliki fitur shareable intuitif, dan bisa memakan banyak ruang saat berisi banyak data. Dan bagaimana jika Anda perlu segera memeriksa sesuatu, tapi Anda tidak bersama laptop tempat Anda menyimpan lembaran MS Excel?

Itu masalah.

Untungnya, dengan Google Sheets yang kuat, ini bisa dengan mudah diurus. Ini adalah salah satu alat yang paling efisien dan mudah digunakan untuk melacak perubahan, merekam data, dan berkolaborasi dengan orang lain.

Anda bisa menggunakan alat gratis ini untuk mencapai begitu banyak hal lainnya , seperti menciptakan:

  • To-do-list
  • Anggaran bulanan dan tahunan
  • Rencana perjalanan
  • Faktur
  • Laporan keuangan
  • Lembar waktu mingguan
  • Laporan pengeluaran
  • Pelacak tugas
  • Daftar nama tim

4. Google Analytics

Ini bisa dibilang yang terbaik dari semua alat analisis di internet.

Izinkan saya mengajukan beberapa pertanyaan:

  • Apakah Anda tahu berapa banyak pengunjung situs Anda yang baru versus yang kembali?
  • Anda tahu dari mana orang-orang ini berasal?
  • Bagaimana dengan jumlah total waktu yang mereka belanjakan di situs Anda?
  • Berapakah tingkat pentalan situs web Anda?

Semua pertanyaan analitik penting ini dan yang lainnya adalah hal-hal yang Google Analytics akan berikan jawaban Anda.

Ini adalah produk analisis gratis dari Google yang akan dengan mudah melacak dan melaporkan semua metrik penting dari situs web Anda.

Google Analytics dapat memberi Anda wawasan cerdas tentang lalu lintas situs Anda dan memungkinkan Anda memahami bagaimana orang menemukan dan menavigasi situs Anda, sehingga Anda akan tahu bidang mana yang menarik perhatian Anda lebih banyak.

5. Google Alerts

Google Alerts memungkinkan Anda memantau web untuk menyebutkan frasa atau kata kunci tertentu. Setelah Anda mengaturnya, Anda akan selalu mendapatkan peringatan email kapan pun kata kunci ini disebutkan secara online.

Misalnya, Anda dapat mendaftar untuk diberitahu kapan seseorang menyebutkan merek, produk, perusahaan, eksekutif, atau bahkan pesaing Anda.

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah, saya telah meminta untuk diberitahu kapan pun seseorang menyebutkan “Shout Me Loud Blog” di web:

Alat fantastis ini adalah cara terbaik untuk mengelola reputasi online bisnis Anda secara memadai dan selalu bereaksi terhadap nama merek Anda segera.

6. Google Trends

Jika Anda merasa sulit untuk terus menghasilkan gagasan konten untuk blog Anda, Google Trends dapat membantu Anda melakukannya.

Meskipun Perencana Kata Kunci Google dan alat penelitian kata kunci populer lainnya dapat membantu Anda dalam mendapatkan gagasan, saat membuat konten berkualitas tinggi, Anda bisa mendapatkan lebih banyak dari Google Trends.

Mungkin menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa Google Trends adalah salah satu tempat yang sering saya nongkrong, terutama saat saya merencanakan konten segar di blog saya.

Alat ini akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah melihat apa yang sedang tren pada topik apapun.

Misalnya, ketika saya mengecek topik “rambut rontok”, saya mendapat:

Jika Anda menggulir ke bawah halaman, Anda juga akan melihat lebih banyak “topik terkait” dan “kueri terkait” yang dapat Anda periksa:

Selanjutnya, selain melakukan riset di niche Anda, Anda juga dapat menggunakan bagian Cerita sekarang yang sedang tren untuk memeriksa apakah ada sesuatu yang sesuai dengan industri Anda:

Jika ada sesuatu di bagian ini yang sesuai dengan niche Anda, berarti Anda telah mengidentifikasi topik yang sedang tren dan panas yang dapat Anda bicarakan.

Anda tidak memerlukan pengalaman menggunakan alat Google Trends gratis. Cukup masukkan topik yang Anda pilih di kotak pencarian dan tinjau hasilnya yang muncul.

7. Google Bisnisku

Ini adalah salah satu alat yang tidak ingin Anda lupakan, terutama jika Anda menjalankan bisnis lokal.

Dengan alat ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan iklan gratis dari Google.

Cukup klaim cantuman Google Bisnisku, dan Anda siap untuk pergi. Jika dilakukan dengan baik, setiap kali seseorang melakukan penelusuran di Google untuk frasa yang terkait dengan bisnis Anda, bisnis Anda akan muncul di hasil penelusuran.

Misalnya, tangkapan layar di bawah inilah yang muncul saat saya mencari “restoran di Texas”:

Dari tangkapan layar, semua bisnis ini adalah hasil Google Bisnisku untuk kata kunci “restoran di Texas”. Dan jika Anda mengklik tombol More places , Anda akan melihat lebih banyak.

Tak satu pun dari bisnis ini dibayar untuk menempati hasil ini.

Jika Anda belum membuat akun Google Bisnisku sendiri, Anda harus segera melakukannya, jadi Anda tidak akan kehilangan keuntungan yang menyertainya.

8. Gmail

Ada banyak klien email di internet – Yahoo! Mail, Hotmail, dll.

Namun, Gmail selalu menjadi favorit saya, dan itu karena banyak fungsi built-in yang bermanfaat.

Dengan alat ini, ada banyak plugin yang akan membantu Anda memastikan bahwa akun email Anda benar-benar sesuai keinginan Anda.

9. Google Kalender

Izinkan saya bertanya kepada Anda:

  • Bagaimana Anda biasanya tetap fokus pada bisnis Anda?
  • Bagaimana Anda tetap teratur dan produktif?

Google Calendar adalah salah satu alat pakar pemasaran top yang digunakan untuk tetap teratur. Meskipun tidak memiliki semua fitur yang dibayar kebanyakan alat berbayar, ini memberi Anda lebih banyak daripada yang harus selalu Anda lacak sepanjang waktu.

Berikut adalah beberapa cara untuk memanfaatkan alat hebat ini:

  • Biarkan anggota tim Anda tahu kapan Anda akan tersedia.
  • Buat acara untuk tugas yang paling penting.
  • Cari tahu kapan Anda paling bebas di siang hari.

Jika Anda benar-benar serius dengan bisnis pemasaran konten Anda, sebaiknya periksa apa yang dimiliki Google Kalender, terutama jika Anda belum menggunakan alternatif yang lebih baik.

Ini pasti akan membantu Anda memperbaiki cara Anda beroperasi.

10. Google Plus

Google Plus tetap menjadi alat hebat bagi pakar pemasaran, terlepas dari kenyataan bahwa ia belum berkembang ke jaringan media sosial yang Google harapkan.

Ini masih merupakan tempat yang sangat baik untuk terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama sambil berbagi konten juga.

Bahkan jika Anda tidak melakukan hal lain di sana, memperbarui halaman Anda secara teratur seperti yang Anda lakukan di Twitter, Facebook, dan saluran lainnya, tidak akan memerlukan biaya apapun kecuali sedikit waktu.

Alat Gratis Terbaik Untuk Pemasar Dari Google

Dengan kurang dari 50 persen pemasar B2B mengatakan bahwa mereka efektif dalam pemasaran konten, ini menunjukkan bahwa selalu ada ruang untuk perbaikan.

Di sini, saya telah memberi Anda semua alat Google gratis yang harus Anda perhatikan sebagai pemasar konten.

Masih ada alat bantu lain yang dimiliki Google, tapi sebaiknya Anda memulai dengan yang telah saya sebutkan di sini terlebih dulu.

Sekarang saatnya bagi Anda untuk mengambil tindakan.

Berapa banyak alat yang Anda gunakan saat ini? Alat Google lainnya menurut Anda sangat bagus untuk pemasar konten? Biarkan saya mendengar pemikiran Anda di komentar di bawah ini!

Seperti posting ini? Berbagi dengan teman Anda!

Gravatar Image
Panduan lengkap belajar bisnis online & tips membuat website serta tutorial SEO dan Blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *