11 Tips Tepat Meningkatkan Google Crawl Rate Dari Website Anda

Posted on

Situs merangkak merupakan aspek penting dari SEO dan jika bot google tidak dapat merayapi situs Anda secara efektif, Anda akan melihat banyak halaman penting tidak diindeks di Google atau mesin pencari lainnya.

Situs dengan navigasi yang tepat membantu dalam merangkak dan mengindeks situs Anda. Terutama, untuk situs berita penting bahwa mesin pencari harus mengindeks situs Anda dalam beberapa menit setelah penerbitan dan itu akan terjadi saat mesin pencari google dapat merayapi situs secepat mungkin Anda mempublikasikan sesuatu.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan tingkat perayapan situs yang efektif dan mendapatkan pengindeksan lebih cepat. Mesin pencari menggunakan spider dan bot untuk merayapi situs Anda untuk mengindeks dan rangking.

Situs Anda hanya bisa disertakan di halaman hasil mesin pencari ( SERP’s ) jika berada di indeks mesin pencari. Jika tidak, pelanggan harus mengetik URL Anda untuk membuka situs Anda. Oleh karena itu Anda harus memiliki tingkat perayapan yang baik dan tepat dari situs web atau blog Anda agar berhasil.

Di sini saya berbagi cara yang paling efektif untuk meningkatkan tingkat perayapan situs dan meningkatkan visibilitas di mesin pencari populer.

Tips Sederhana dan Efektif untuk Meningkatkan Tingkat Perayapan Situs

Seperti yang saya sebutkan, Anda bisa melakukan banyak hal untuk membantu bot search engine menemukan situs Anda dan menjelajahinya. Sebelum masuk ke aspek teknis perayapan, dengan kata sederhana: bot mesin pencari mengikuti tautan untuk merayapi tautan baru dan satu cara mudah untuk mendapatkan indeks bots mesin pencari dengan cepat, dapatkan tautan situs Anda di situs populer dengan mengomentari , posting tamu .

Jika tidak, ada banyak hal lain yang dapat kami lakukan dari akhir kami seperti Site ping, pengajuan Sitemap dan pengendalian tingkat perayapan dengan menggunakan Robots.txt. Saya akan membicarakan beberapa metode ini yang akan membantu Anda meningkatkan tingkat perayapan Google dan membuat bot menjelajah situs Anda dengan lebih cepat dan lebih baik.

1. Perbarui Konten situs Anda secara teratur

Konten sejauh ini adalah kriteria paling penting untuk mesin pencari. Situs yang memperbarui konten mereka secara teratur lebih cenderung dirayapi lebih sering . Anda bisa memberikan konten segar melalui blog yang ada di situs Anda.

Ini lebih sederhana daripada mencoba menambahkan halaman web atau terus-menerus mengubah konten halaman Anda. Situs statis dirayapi lebih jarang daripada yang menyediakan konten baru.

Banyak situs menyediakan update konten harian. Blog adalah cara termudah dan paling terjangkau untuk menghasilkan konten baru secara reguler. Tapi Anda juga bisa menambahkan video baru atau streaming audio ke situs Anda. Sebaiknya berikan konten segar setidaknya tiga kali setiap minggu untuk meningkatkan tingkat perayapan Anda.

Berikut adalah sedikit trik kotor untuk situs statis, Anda bisa menambahkan widget pencarian Twitter atau widget status profil Twitter Anda jika sangat efektif. Dengan cara ini, setidaknya sebagian situs Anda terus diperbarui dan akan sangat membantu.

2. Server dengan Good Uptime

Host blog Anda di server yang handal dengan uptime yang bagus. Tidak ada yang ingin Google bot mengunjungi blog mereka saat downtime. Sebenarnya, jika situs Anda rusak lama, perayap Google akan menetapkan tingkat perayapan mereka sesuai dengan itu dan Anda akan merasa lebih sulit agar konten baru Anda diindeks lebih cepat.

3. Buat Peta Situs

Peta situs web adalah salah satu dari beberapa hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat situs Anda terekspeksi dengan cepat oleh bot mesin pencari. Di WordPress Anda bisa menggunakan plugin sitemap Google XML untuk menghasilkan peta situs yang dinamis dan mengirimkannya ke alat Webmaster.

4. Hindari Duplikat Konten

Konten yang disalin menurunkan tingkat perayapan. Mesin pencari dapat dengan mudah mengambil konten duplikat . Hal ini dapat menyebabkan semakin sedikit situs Anda yang dirayapi. Ini juga bisa mengakibatkan mesin pencari melarang situs Anda atau menurunkan rangking Anda.

Anda harus menyediakan konten yang segar dan relevan. Konten bisa berupa apapun dari postingan blog hingga video. Ada banyak cara untuk mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari .

Menggunakan taktik tersebut juga dapat meningkatkan tingkat perayapan Anda. Sebaiknya verifikasi bahwa Anda tidak memiliki konten duplikat di situs Anda. Konten duplikat bisa antara halaman atau antar situs. Ada sumber duplikasi konten gratis yang tersedia secara online yang dapat Anda gunakan untuk mengotentikasi konten situs Anda.

5. Kurangi waktu Pemuatan situs Anda

Pikiran waktu buka halaman Anda, Perhatikan bahwa penjelajahan bekerja berdasarkan anggaran – jika menghabiskan terlalu banyak waktu untuk merayapi gambar besar atau PDF Anda, tidak akan ada waktu lagi untuk mengunjungi halaman Anda yang lain.

6. Blok akses ke halaman yang tidak diinginkan melalui Robots.txt

Tidak ada gunanya membiarkan bot mesin pencari merayapi halaman yang tidak berguna seperti halaman admin, folder back-end karena kami tidak mengindeksnya di Google sehingga tidak ada gunanya membiarkan mereka merayapi bagian situs tersebut.

Pengeditan sederhana di Robots.txt akan membantu Anda menghentikan bot agar tidak merayapi bagian situs Anda yang tidak berguna.

7. Pantau dan Optimalkan Google Crawl Rate

Sekarang Anda juga dapat memantau dan mengoptimalkan tingkat Google Crawl menggunakan Google Webmaster Tools . Pergilah ke statistik merangkak di sana dan analisa. Anda dapat mengatur tingkat perayapan Google secara manual dan meningkatkannya menjadi lebih cepat seperti yang diberikan di bawah ini. Meskipun saya menyarankan menggunakannya dengan hati-hati dan menggunakannya hanya jika Anda benar-benar menghadapi masalah dengan bot yang tidak merayapi situs Anda secara efektif.

8. Gunakan layanan Ping

Ping adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kehadiran situs Anda dan membiarkan bot mengetahui kapan konten situs Anda diperbarui. Ada banyak layanan ping manual seperti Pingomatic dan di WordPress Anda bisa menambahkan layanan ping secara manual ke ping bot search engine.

9. Buat Interlink halaman blog Anda

Interlinking tidak hanya membantu Anda untuk melewati jus link tapi juga membantu bot search engine untuk merayapi halaman dalam situs Anda. Saat Anda menulis posting baru, kembali ke posting lama terkait dan tambahkan link ke posting baru Anda di sana.

Ini tidak akan langsung membantu meningkatkan tingkat perayapan Google namun akan membantu bot merayapi laman dalam halaman Anda dengan efektif.

10. Jangan lupa untuk Optimalkan Gambar

Crawler tidak dapat membaca gambar secara langsung. Jika Anda menggunakan gambar, pastikan untuk menggunakan tag alt untuk memberi deskripsi bahwa mesin pencari dapat mengindeks. Gambar disertakan dalam hasil pencarian namun hanya jika dioptimalkan dengan benar. Anda belajar tentang Pengoptimalan Gambar untuk SEO di sini, dan Anda juga harus mempertimbangkan untuk memasang plugin peta gambar Google dan mengirimkannya ke Google.

Ini akan membantu bot untuk menemukan semua gambar Anda, dan Anda dapat mengharapkan jumlah lalu lintas yang layak dari bot mesin pencari jika Anda telah merawat tag alt gambar dengan benar.

Nah, ini adalah beberapa tip yang dapat saya pikirkan yang akan membantu Anda meningkatkan tingkat perayapan situs dan mendapatkan pengindeksan yang lebih baik di Google atau mesin pencari lainnya. Tip terakhir yang ingin saya tambahkan di sini adalah, tambahkan tautan sitemap Anda di footer situs Anda.

Ini akan membantu bot untuk menemukan halaman sitemap Anda dengan cepat, dan mereka dapat merayapi dan mengindeks halaman dalam situs Anda dari peta situs.

Beri tahu kami jika Anda mengikuti metode lain untuk meningkatkan tingkat perayapan Google di situs Anda? Jika Anda merasa posting ini bermanfaat, jangan lupa untuk menciak dan membaginya di Facebook.

Gravatar Image
Panduan lengkap belajar bisnis online & tips membuat website serta tutorial SEO dan Blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *