Home Make Money 5 Faktor Seorang Affiliate Berhasil ! Wajib Anda Tahu

5 Faktor Seorang Affiliate Berhasil ! Wajib Anda Tahu

103
0
SHARE

Strategi Marketing seperti apa yang membuat seorang Affiliate Marketer menjadi sukses? Tentunya strategi marketing tersebut tidaklah sama dengan strategi-strategi yang ada pada umumnya, kalau pun strategi tersebut sama, pastilah cara kerja mereka yang berbeda.

Saat kita memutuskan untuk menjadi Affiliate Marketer, tentunya kita harus siap dengan macam-macam hal yang akan kita jumpai sewaktu-waktu saat menjalankan bisnis Affiliate Marketing ini. Tentu saja kita perlu mempersiapkan banyak macam kebutuhan yang seorang Affiliate Marketer butuhkan.

5 Faktor Seorang Affiliate Berhasil

Affiliate Network itu sendiri adalah sebuah perusahaan yang menghubungkan para pengiklan dengan para Affiliates. Biasanya pemilik iklan yang memiliki produk menaruh produk jual mereka di Affiliate Network yang disebut sebagai Offers. Setelah produk-produk mereka ditaruh atau tersedia di Affiliate Network, pengiklan  akan memberikan beberapa keuntungan kepada para Affiliate Marketer yang berhasil menjual produk-produk mereka.

Ada 2 tipe yaitu Sale (bagi setiap affiliate marketer yang menghasilkan penjualan) dan juga (bagi para affiliate yang berhasil mendatangkan orang untuk bergabung, mendaftar, berlangganan, dan lainnya di suatu offers yang dipromosikan).

Ada beberapa Affiliate Network yang tentunya sudah memiliki reputasi yang baik, seperti:

Dan masih banyak Affiliate Network yang memiliki reputasi baik lainnya, namun ada baiknya cobalah anda bergabung dengan salah satu Affiliate Network yang kami sebutkan diatas. Setelah anda bergabung, cobalah anda pahami hal-hal apa saja yang ada di Affiliate Network tersebut, dan cari tahulah bagaimana para Affilate Marketer disana mempromosikan Offers yang mereka pilih. Simak strategi marketing berikut ini.

Setelah anda menemukan beberapa iklan di Google tentang produk yang sama dengan anda promosikan, anda klik link tersebut dan anda pelajari apa saja bagian-bagian yang para Affiliate Marketer lain lakukan untuk mempromosikan produk-produk afiliasi yang mereka promosikan.

Teknik ini adalah teknik atau memata-matai para kompetitor kita dalam memasarkan satu produk afiliasi yang sama. Strategi Marketing ini banyak sekali digunakan oleh para Affiliate Marketer untuk memata-matai kompetitor mereka. Ada baiknya anda targetkan IP Luar Negeri, Kenapa? Karena kebanyakan produk afiliasi seperti Clickbank misalnya menggunakan bahasa Inggris untuk mempromosikan produk-produknya.

Pertama, Strategi Marketing Untuk Melihat Cara Promosi Kompetitor

Bagaimana caranya? Cara mudah yang bisa anda lakukan adalah, gunakan proxy dan carilah produk-produk yang sama dengan produk yang anda ingin promosikan, carilah kata kunci produk yang sesuai dengan produk yang anda ingin promosikan di Google Search (jangan lupa pakai proxy).

Setelah anda menemukan beberapa iklan di Google tentang produk yang sama dengan anda promosikan, anda klik link tersebut dan anda pelajari apa saja bagian-bagian yang para Affiliate Marketer lain lakukan untuk mempromosikan produk-produk afiliasi yang mereka promosikan.

Teknik ini adalah teknik ‘SPY’ atau memata-matai para kompetitor kita dalam memasarkan satu produk afiliasi yang sama. Strategi Marketing ini banyak sekali digunakan oleh para Affiliate Marketer untuk memata-matai kompetitor mereka. Ada baiknya anda targetkan IP Luar Negeri, Kenapa? Karena kebanyakan produk afiliasi seperti Clickbank misalnya menggunakan bahasa Inggris untuk mempromosikan produk-produknya.

Kedua, Maksimalkan Traffic Source

Kenapa Traffic Source? Karena tanpa adanya sumber trafik, dari mana akan datangnya pembeli untuk produk yang kita promosikan? Oleh karena itu trafik menjadi salah satu kebutuhan utama (paling penting) seorang Affiliate Marketer. Kita bisa mencari sumber trafik yang bagus untuk produk yang kita promosikan, entah ingin yang berbayar ataupun gratis, itu semua kembali kepada kita sendiri.

Namun ada baiknya kita menggunakan media promosi berbayar (mendapatkan trafik sesuai biaya yang dikeluarkan), bisa kita menggunakan Facebook Ads (khusus trafik di Facebook/Instagram) atau kita juga bisa menggunakan trafik berbayar seperti Google Adwords, Bing Ads, 7 Search, dan media promosi berbayar lainnya.

Ketiga, Menggunakan Tracking Software

Strategi marketing untuk seorang affiliate marketer yang tidak boleh dilupakan adalah Tracking Software. Apa itu Tracking Software? Tracking Software adalah sebuah software yang memberikan informasi lengkap seperti data-data penjualan yang kita sedang promosikan.

Kita bisa menggunakan Tracking software seperti  Voluum, dan masih banyak lagi software tracking yang ada di Internet yang bisa kita coba.

Ke Empat, Gunakan Server yang Cepat

Strategi marketing yang baik untuk seorang Affiliate Marketer adalah diharuskannya memiliki server sendiri. Kenapa? Karena server ini sendiri akan kita gunakan sebagai tempat untuk membuat beberapa Landing Page untuk mempromosikan penawaran.

Tentunya jika anda ingin mempromosikan beberapa penawaran produk afiliasi, anda pastinya akan diharuskan membuat banyak Landing Page, dan hal itu akan optimal jika anda memiliki sebuah server.

Diharuskan memiliki server yang cepat dan juga berkualitas, karena jika sewaktu-waktu anda mendapatkan lonjakan pengunjung ke website atau halaman penawaran anda, website dan halaman penawaran anda tidak akan menjadi crash.

Ke Lima, Maksimalkan Copywriting

Sudah jelas sebaik apapun media iklan, tools, ataupun server yang kita gunakan, semua tidak akan menghasilkan konversi tanpa adanya Copywriting yang menarik. Kenapa?

Bisa kita lihat beberapa orang yang mempromosikan sebuah produk dengan hanya menggunakan 3 – 7 kata untuk Headline di penawaran mereka mendapatkan banyak sekali konversi, dan sekali lagi itu adalah kekuatan dari CopyWriting.

Anda mempunyai ide lain tentang affiliate,tinggalkan komentar kamu dibawah ini. Jangan lupa berbagi kepada teman kamu jika artikel ini bermanfaat. Terima Kasih

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here