Home Blogging 6 Plugin Google Analytics Terbaik Untuk WordPress Pada tahun 2018

6 Plugin Google Analytics Terbaik Untuk WordPress Pada tahun 2018

162
0
SHARE

Jika Anda ingin membuat blog Anda lebih baik , belajar lebih banyak tentang audiens Anda sangat penting. Anda dapat mengetahui konten apa yang paling mereka sukai , dari mana lalu lintas Anda berasal, dan apakah blog Anda tumbuh ke arah yang benar.

Tetapi untuk mendapatkan semua data itu, Anda memerlukan alat analisis seperti Google Analytics . Dan lebih dari sekedar Google Analytics di situs Anda, Anda juga memerlukan cara untuk dengan mudah menemukan data dan laporan spesifik yang benar-benar memberikan informasi yang bermanfaat.

Untuk membantu Anda melakukannya, saya akan membagikan beberapa plugin Google Analytics terbaik untuk WordPress. Sebagian besar plugin ini akan membantu Anda tidak hanya menambahkan kode pelacakan Google Analytics ke WordPress, namun juga melihat laporan analisis penting tepat di dasbor WordPress Anda.

Bila Anda dapat dengan mudah mengakses data analisis yang dapat ditindaklanjuti tanpa harus meninggalkan WordPress, Anda akan cenderung menggunakannya. Dan itu bagus!

Anda Tidak Perlu Membutuhkan Plugin Google Analytics WordPress

Sebelum memulai, saya ingin menunjukkan bahwa Anda tidak memerlukan plugin ini untuk menggunakan Google Analytics di situs Anda. Plugin ini saja:

  • Jadikan prosesnya lebih sederhana
  • Biarkan Anda melihat laporan di dasbor WordPress Anda ( kebanyakan dari mereka )
  • Beri Anda opsi tambahan untuk jenis pelacakan yang lebih canggih, termasuk data bermanfaat seperti pelacakan tautan keluar

Tapi ada juga dua cara mudah untuk menambahkan Google Analytics ke WordPress tanpa plugin.

Pertama, Anda dapat selalu menempelkan kode pelacakan Google Analytics ke file header.php tema anak Anda atau plugin seperti Sisipkan Header dan Footer .

Atau, cara lain adalah dengan menggunakan Google Pengelola Tag untuk menambahkan kode pelacakan Google Analytics. Keuntungan menggunakan Google Pengelola Tag adalah Anda juga dapat menggunakannya untuk mengelola semua skrip lain yang Anda tambahkan ke situs Anda.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan plugin – untuk mempermudah proses lebih sederhana atau mendapatkan akses ke fitur yang lebih canggih dan laporan dasbor – inilah beberapa yang terbaik.

1. MonsterInsights

MonsterInsights adalah salah satu plugin Google Analytics terpopuler yang tercantum di direktori plugin WordPress.org.

Ini sangat populer karena, selain membantu Anda menambahkan kode pelacakan Google Analytics ke situs WordPress Anda, ini juga memungkinkan Anda melihat laporan lalu lintas di dalam dasbor WordPress Anda, dan juga membantu Anda memanfaatkan beberapa fungsi Google Analytics yang lebih dalam.

Tapi saya akan mulai dari awal:

MonsterInsights memberi Anda dua cara mudah untuk menambahkan kode pelacakan Google Analytics ke situs Anda:

  • Anda bisa melakukan otentikasi menggunakan akun Google Anda ( ini pada dasarnya seperti menggunakan login sosial )
  • Anda dapat menyisipkan secara manual di ID Google Analytics Anda

Menggunakan metode pertama biasanya adalah taruhan terbaik Anda karena itulah yang memungkinkan MonsterInsights menampilkan laporan lalu lintas aktual di dalam dasbor WordPress Anda:

MonsterInsights juga menawarkan fungsi lain yang memungkinkan Anda:

  • Melacak klik tautan keluar : Ini bagus sehingga Anda dapat melihat konten eksternal yang diminati pengunjung Anda.
  • Buat dimensi khusus ( Pro ): Ini memungkinkan Anda melacak subkelompok pengguna tertentu – seperti bagian analisis terpisah untuk pengguna yang masuk.
  • Pelacakan eCommerce ( Pro ): Bermanfaat jika Anda menjalankan semua jenis toko eCommerce di WordPress.
  • Formulir pelacakan (Pro) : Memungkinkan Anda melacak bagaimana orang berinteraksi dengan formulir Anda.

Versi gratisnya banyak untuk kebanyakan blogger. Tetapi jika Anda menginginkan dimensi khusus, pelacakan eCommerce, atau beberapa fitur lainnya, versi Pro akan dimulai dari $ 39.

2. GA Google Analytics

GA Google Analytics jauh lebih ringan daripada MonsterInsights. Daripada memberi Anda laporan dasbor dan fitur lanjutan lainnya, GA Google Analytics hanya berfokus untuk mempermudah menambahkan kode pelacakan Google Analytics ke situs WordPress Anda.

Pertama, ini memberi Anda kotak sederhana di mana semua yang perlu Anda lakukan adalah menempelkan ID Properti Google Analytics Anda untuk mengaktifkan pelacakan.

Namun, Anda juga dapat mengaktifkan fitur inti Google Analytics tambahan seperti:

  • Universal Analytics
  • Menampilkan iklan
  • Atribusi Link
  • IP anonimisasi

Salah satu fitur hebat di sini adalah pilihan untuk mengecualikan pengguna Admin agar tidak dilacak. Ini membantu memastikan bahwa Anda tidak mengacaukan keakuratan data Anda dengan menyertakan tindakan Anda sendiri .

Gunakan yang satu ini jika Anda tidak peduli dengan laporan di dasbor dan hanya menginginkan solusi ringan untuk menambahkan kode pelacakan yang sebenarnya.

3. Counter Analytics

Seperti MonsterInsights, Analytics Counter memungkinkan Anda menambahkan kode pelacakan Google Analytics ke WordPress:

  • melalui prosedur masuk sosial sederhana, atau
  • dengan menempelkan kode pelacakan secara manual

Setelah menambahkan akun Google Analytics, Anda dapat mulai menggunakan antarmuka Penayang Analytics baru untuk melihat keseluruhan data Google Analytics untuk situs Anda:

Plugin ini sangat mudah digunakan. Satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan adalah Anda hanya dapat melihat keseluruhan statistik situs Anda – Anda tidak dapat menelusuri ke posting atau halaman tertentu.

4. Analytify

Analytify adalah plugin freemium yang membantu Anda menambahkan kode pelacakan Google Analytics dan membuat semua data analytics Anda dapat diakses di WordPress pada tingkat yang melampaui kemampuan banyak plugin lainnya.

Satu hal yang menyenangkan tentang plugin ini adalah bahwa ini memberi Anda sekilas metrik yang paling penting untuk situs Anda, dan juga bagaimana metrik tersebut dibandingkan dengan periode sebelumnya:

Plugin tidak hanya memberi Anda dasbor keseluruhan untuk statistik Anda. Anda juga dapat melihat statistik untuk posting / halaman tertentu saat Anda membuka menu Posts atau Pages di dashboard WordPress Anda.

Dan Anda juga dapat melihat informasi lebih rinci tentang sebuah posting atau halaman di layar Edit :

Fitur bermanfaat lainnya meliputi:

  • Mudah digunakan statistik media sosial
  • Pelacakan eCommerce ( Premium )
  • Tampilan stat front-end ( Premium )

Analytify adalah pilihan yang baik jika Anda ingin data Google Analytics Anda dapat diakses cukup banyak di manapun di dashboard WordPress Anda.

Google Analytics Dashboard for WP (GADWP)

Dasbor Google Analytics untuk WP , yang dikenal dengan singkatan GADWP, ada di sana dengan MonsterInsights untuk judul “plugin Google Analytics terpopuler di WordPress.org”.

Ini memiliki lebih dari satu juta pemasangan aktif. Dan hal yang mengejutkan tentang plugin ini adalah gratis 100% – tidak ada fitur yang terkunci di belakang versi berbayar.

Seperti banyak plugin lainnya, Google Analytics Dashboard for WP memudahkan untuk menambahkan kode pelacakan Google Analytics ke WordPress. Juga:

  • memberi statistik keseluruhan untuk seluruh situs Anda
  • memungkinkan Anda mengeklik tombol di daftar Pos atau Laman untuk menampilkan analisis dasar untuk pos tertentu ( lihat di bawah )

Di luar laporan bermanfaat ini, Dasbor Google Analytics untuk WP (GADWP) juga menyertakan fitur yang memungkinkan Anda:

  • Aktifkan pelacakan tautan keluar
  • Kecualikan peran pengguna tertentu dari pelacakan
  • Buat dimensi khusus
  • Sertakan Google Analytics di laman AMP Anda, jika Anda menggunakan AMP
  • Tambahkan kode Google Pengelola Tag

Antarmuka Google Analytics Dashboard for WP (GADWP) tidak seindah dan mudah digunakan seperti MonsterInsights, namun pluginnya 100% gratis, sedangkan MonsterInsights mengunci beberapa fitur yang lebih maju di belakang versi Pro.

WD Google Analytics

Google Analytics WD adalah plugin freemium yang berfungsi berdasarkan prinsip yang mirip dengan MonsterInsights dan Google Analytics Dashboard for WP.

Di plugin gratis, ini bisa membantu Anda:

  • Tambahkan kode pelacakan Google Analytics ke WordPress
  • Lihat keseluruhan laporan untuk situs Anda
  • Lihat halaman tertentu atau laporan pos
  • Konfigurasikan berbagai opsi kode pelacakan Google Analytics
  • Lacak klik dan / atau unduhan tautan keluar

Misalnya, inilah salah satu laporan Auditor dalam-dasbor seperti:

Jika Anda melakukan upgrade ke versi premium, mulai dari $ 30, Anda juga akan mendapatkan akses ke:

  • Dimensi khusus
  • laporan eCommerce
  • Opsi untuk mengecualikan peran pengguna tertentu dari pelacakan

Fitur-bijaksana, tidak ada satu ton untuk membedakannya dari MonsterInsights atau Google Analytics Dashboard untuk WP – jadi menurut saya pilihan Anda sebaiknya turun ke seberapa baik Anda menyukai antarmuka.

Plugin Google Analytics mana yang Harus Anda Pilih?

Jika Anda hanya menginginkan cara termudah untuk menambahkan Google Analytics ke WordPress dan tidak terlalu peduli dengan laporan di dasbor atau fitur lanjutan, sebaiknya Anda menggunakan Google Pengelola Tag atau plugin Google Analytics sederhana.

Jika Anda menginginkan fitur tersebut, saya merekomendasikan MonsterInsights untuk kebanyakan blogger karena ini adalah plugin yang paling mudah digunakan dan memiliki antarmuka terbaik. Dasbor Google Analytics untuk WP juga merupakan pilihan yang baik karena menawarkan sebagian besar fitur secara gratis – tidak hanya ramah pemula.

Dan akhirnya, jika Anda ingin melihat statistik untuk masing-masing konten, Analytify menawarkan laporan dasbor paling rinci sehubungan dengan itu.

Sudahkah Anda menggunakan plugin Google Analytics ini? Atau apakah Anda biasanya menambahkan kode pelacakan secara manual? Beri tahu saya di komentarnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here