Apa itu Ads.txt dan Seberapa Penting Untuk Advertiser? Simak Ulasan Saya

Posted on

Apa itu Ads.txt dan Mengapa Topik banyak pembicaraan?

Ads.txt dikembangkan melalui proyek Lab Tek IAB, ads.txt singakata dari (Authorized Digital Sellers), adalah alat yang dibuat untuk penerbit/publisher sehingga memungkinkan Anda sebagai publisher adalah benar dan disetujui untuk menjual inventaris digital mereka.

IAB menyatakan di situs mereka bahwa tujuan alat ini adalah untuk “meningkatkan transparansi dalam ekosistem periklanan yang programatik.” Ads.txt bertujuan untuk memberi penerbit kontrol atas distribusi inventaris mereka dari ujung ke ujung. Alat ini berusaha untuk menghilangkan berbagai trafik palsu (unit iklan display, video dan mobile) agar tidak disalah guanakan oleh orang lain.

Karena semakin banyak penerbit mengadopsi alat Ads.txt, pembeli yang berminat akan berada dalam posisi untuk mengevaluasi permintaan yang dikirim ke platform pembelian mereka dari situs web, yang pada gilirannya bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri bahwa persediaan yang ingin mereka beli 100% asli dan tidak curang.

Bagaimana cara kerja Ads.txt?

Menurut sebuah artikel baru – baru ini yang diterbitkan oleh Ad Ops Insider, proses di mana Ads.txt meningkatkan transparansi dan keamanan seperti ini:

Penerbit menaruh file di server mereka yang mengatakan dengan tepat perusahaan mana yang mereka jual inventarisnya. File mencantumkan nama mitra dengan nama, tetapi juga menyertakan ID akun penerbit. Ini adalah pembeli ID yang sama melihat permintaan penawaran, yang dapat mereka gunakan sebagai kunci untuk penargetan kampanye.

Pembeli menggunakan perayap web untuk mendownload semua file ads.txt dan informasi yang terkandung di dalam secara reguler dan menggunakannya untuk menargetkan kampanye mereka. Ini berarti pembeli tahu bahwa jika mereka mengajukan tawaran atas permintaan yang berasal dari identitas resmi, itu berasal dari sumber yang dipercaya atau dikendalikan oleh penerbit.

Apakah Ads.txt Penting?

Munculnya Ads.txt menandai tonggak sejarah di industri ini dan memberikan pemberdayaan kepada penerbit untuk mengambil alih kendali siapa yang mewakili inventaris dan merek mereka.

Siapa saja yang Menggunakan Ads.txt

Menurut artikel yang baru-baru ini menerbitkan Ad Ops Insider, adopsi Ads.txt oleh penerbit berkembang dengan cepat di tahun 2017.

Melalui perayap web buatan sendiri dengan Python, Kneen berhasil menyimpulkan dari kumpulan 1.930 domain dari 10.000 situs teratas yang berada di peringkat Alexa yang kira-kira. 13% dari penerbit ini berada di 10.000 situs web teratas yang terdaftar di Alexa secara global yang menerbitkan file Ads.txt, termasuk ESPN.com , WashingtonPost.com dan CNN.com .

Kneen memecah jenis penerbit yang menerbitkan file dan mitra mereka yang paling umum (Google adalah puncak, tidak mengejutkan), dan membuat rekomendasi untuk memperbaiki konsep Ads.txt.

Wajib Anda Ketahui Tentang Ads.Txt

Pertarungan melawan kecurangan dalam ekosistem tampak memanas saat adopsi penerbit alat meningkat. Meskipun hanya waktu saja bagaimana ekosistem akan terlihat begitu kedua sisi Jual Beli tersebut mengintegrasikannya ke dalam produk dan prosesnya.

Perangkap sementara potensial meliputi:

  • Pendapatan untuk Penerbit
  • Mengurangi jangkauan Pengiklan

Update: Nov 1, 2017

Dalam waktu kurang dari 6 minggu sejak saya mempublikasikan analisis pertama , adopsi ads.txt terus berlanjut hingga jamur dan sekarang mencapai 44%. Saya tercengang melihat tingkat adopsi tiga kali lipat dalam kerangka waktu yang singkat dan saya harus membayangkan ini menetapkan rekor pelepasan penerbit dari standar IAB manapun. Jadi apa yang mengendarainya? Pendapat saya sendiri adalah pendorong utama pengumuman dari Google Doubleclick Bid Manager bahwa mereka akan berhenti membeli jalur pasokan yang tidak sah pada akhir Oktober.

Google adalah mitra ads.txt yang paling populer, diikuti oleh SSP utama

Baca Juga : 10 Tools Rahasia Dari Google Yang Belum Anda Tahu

Dalam 248 domain di Alexa top 10K saya menemukan bahwa ada file ads.txt, ada 114 mitra iklan teknologi unik yang terdaftar. Di seluruh kumpulan data, saya menemukan 137 mitra teknologi iklan.

Tidak mengherankan, Google sejauh ini adalah yang paling umum, hadir dalam 97% kohort Alexa 10K, dan 76% dari semua domain. Pertukaran iklan utama, Rubicon Project, AppNexus, Index Exchange, dan OpenX adalah mitra paling banyak berikutnya dan merupakan satu-satunya perusahaan lain dengan penetrasi lebih dari 50% di antara Alexa 10K, namun hampir tidak merata secara keseluruhan. Google adalah satu-satunya mitra dalam kumpulan data lengkap dengan penetrasi lebih dari 50%.

Rata-rata, mitra teknologi iklan terdaftar di 96 domain, atau penetrasi 3%. Namun, karena datanya relatif menumpuk ke arah pemain utama, angka rata-rata 16 domain per pasangan lebih akurat secara kualitatif menurut pandangan saya.

Kesimpulanya adalah ; Dengan menerapkan metode terbaru dengan menggunakan file ads.txt maka ini akan membuat para advertiser sangat diuntungkan dari para publisher nakal.

Jika Anda memiliki saran lain atau ide mengenai Ads.txt jangan ragu untuk meninggalkan komentar kamu dibawah ini untuk berbagi. Terima kasih

Gravatar Image
Panduan lengkap belajar bisnis online & tips membuat website serta tutorial SEO dan Blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *