Apa itu CDN dan Mengapa Anda Membutuhkannya?

Posted on

Jaringan pengiriman konten (alias CDN) adalah salah satu dari hal-hal yang Anda dengar setiap kali seseorang berbicara tentang mempercepat sebuah situs web.

Tapi apa itu CDN dan mengapa itu berguna?

CDNs telah menjadi salah satu cara termudah untuk membuat situs Anda dimuat lebih cepat. Sebenarnya, semua alat pengecekan kecepatan seperti GT Metrix dan Google Page Speed menyarankan untuk menggunakan jaringan pengiriman konten yang baik (baik CDN) untuk memperbaiki kinerja suatu situs.

Orang-orang dengan latar belakang teknis mengetahui tentang CDN dan manfaat menggunakan jaringan pengiriman konten. Tapi bagi orang non teknis, konsepnya bisa nampak asing.

Nah, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena, di posting blog ini, saya akan berbicara secara mendalam tentang jaringan pengiriman konten dan mengapa Anda harus menggunakannya.

Apa itu CDN alias Content Delivery Network?

Biarkan aku memulai bahasa awam.

Blogger dan pemilik situs web biasanya menggunakan shared hosting , dan semua file kami di-host di sebuah pusat data. Misalnya, situs saya dihosting dengan hosting bluehost, dan saya menggunakan pusat data Texas (AS).

Sekarang, ketika pengguna membuka amadsoleh.com , permintaan mereka masuk ke pusat data saya di Texas, dan file dari situs saya dimuat ke browser pengguna. Kedengarannya sederhana, bukan?

Tetapi jika pengguna berada jauh dari pusat data Texas saya, akan ada banyak kemajuan dan latency tinggi, dan dengan demikian, dibutuhkan banyak waktu bagi situs untuk dimuat.

Sekarang, jaringan pengiriman konten memiliki pusat data di lokasi geografis yang berbeda, dan saat situs Anda menggunakan CDN dan pembaca membuka situs Anda, file Anda (gambar, file statis, dll.) Dilayani dari pusat data terdekat CDN Anda menggunakan.

Ini mengurangi kepingan dan latensi, dan situs Anda berfungsi lebih cepat.

Ini adalah keuntungan pertama dan utama penggunaan CDN.

Dengan kata lain, mereka menggunakan teknik yang disebut replikasi konten. Di sinilah konten Anda disalin di berbagai server yang berada di berbagai wilayah.

Layanan CDN akan memiliki beberapa server di lokasi yang berbeda. Saat Anda menayangkan file WordPress (atau situs web lainnya) menggunakan jaringan pengiriman konten, pada dasarnya Anda menghemat waktu pembacamu dan mengurangi beban server. File sekarang akan dilayani dari server lain dan bukan perusahaan hosting Anda.

Saat Anda mengkonfigurasi CDN, Anda menggunakan teknik tarik atau dorongan untuk mengunggah file yang ada ke server.

Berikut adalah gambaran jelas dari MaxCDN yang menjelaskan bagaimana ini bekerja:

Manfaat menggunakan CDN

Ada banyak manfaat langsung menggunakan CDN:

  1. Kecepatan halaman Anda meningkat (dan peringkat akan meningkat).
  2. Pembaca / klien / pelanggan Anda akan lebih bahagia.
  3. Anda bisa menangani lebih banyak lalu lintas.
  4. Anda akan menghemat uang pada hosting bandwidth terbatas Anda.

1. Peringkat Google

Google telah memperjelas bahwa waktu buka halaman adalah salah satu faktor peringkat mesin pencari . Dengan menggunakan CDN, Anda akan mempercepat situs Anda sebagian besar.

Selain itu, ini akan membantu Anda mengurangi tingkat bouncing (yang juga bagus untuk SEO).

Untuk situs web apapun, semakin cepat bebannya, semakin baik.

2. Lebih banyak Konversi dan Penjualan

Karena situs Anda memuat lebih cepat, pembaca dan klien Anda akan jauh lebih bahagia. Dimana ada klien yang bahagia, ada lebih banyak penjualan.

Saya berani bertaruh bahwa Anda akan sangat frustrasi untuk melakukan bisnis dengan seseorang yang situs webnya membutuhkan waktu lama untuk dimuat.

3. Menangani Lebih Banyak Lalu Lintas

Setiap kali posting blog Anda menjadi virus, server Anda mendapatkan sejumlah besar lalu lintas. Sering kali, situs Anda mogok dan memberi kesalahan seperti: “Kesalahan server internal” atau “Kesalahan basis data”.

Dengan layanan jaringan pengiriman konten yang baik, Anda dapat dengan mudah meminimalkan down time tersebut dan situs Anda dapat menangani lebih banyak lalu lintas.

4. Kurangi Biaya Hosting

Bila Anda menggunakan hosting khusus atau VPS , atau hosting dengan bandwidth terbatas, dengan menggunakan CDN akan mengurangi biaya Anda dengan margin yang bagus.

CDN jauh lebih murah daripada web hosting, dan karena file Anda akan dilayani dari server CDN, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya bandwidth dari hosting web Anda.

Ada banyak layanan CDN gratis dan berbayar seperti CloudFlare , Amazon CloudFront , dan MaxCDN . Segera kita juga bisa mengharapkan layanan CDN milik Google sendiri.

Tidak masalah seberapa besar atau kecil situs Anda, menggunakan layanan jaringan pengiriman konten pasti akan membantu Anda meningkatkan waktu buka dan respons server situs Anda. Satu-satunya bagian yang sulit bagi pemula adalah menyiapkannya.

Jadi, berapa banyak dari Anda yang menggunakan CDNs, dan mana yang Anda gunakan dengan blog WordPress Anda? Menurut Anda, apakah penting dan bermanfaat bagi blogger untuk menayangkan situs mereka dengan jaringan pengiriman konten? Biarkan saya mendengar pemikiran Anda di komentar di bawah ini.

Seperti posting ini? Jangan lupa untuk membaginya!

Gravatar Image
Panduan lengkap belajar bisnis online & tips membuat website serta tutorial SEO dan Blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *