Home SEO Apakah Traffic Anda Turun Setelah Merubah Ke HTTPS? Berikut Adalah Solusinya

Apakah Traffic Anda Turun Setelah Merubah Ke HTTPS? Berikut Adalah Solusinya

280
4
SHARE

Haruskah Anda memindahkan situs Anda dari HTTP ke HTTPS?  Apakah layak memindahkan situs informasi seperti blog ke HTTPS?  Ini adalah beberapa pertanyaan yang kami semua hadapi tahun lalu ketika HTTPS menjadi sangat umum. Jika kita melihat tren saat ini, tidak ada gunanya situs kita menggunakan HTTPS. Dan saat Anda memulai situs baru & menerapkan HTTPS , semuanya mudah. Namun, saat Anda memindahkan situs yang ada atau yang sedang berjalan dari HTTP ke HTTPS , semuanya tidak sesederhana itu.

Pindah ke HTTPS memang merupakan perubahan teknis SEO yang besar. Terkadang, orang membuat kesalahan di sini dan mulai kehilangan lalu lintas SEO mereka. Namun, orang dapat dengan cepat menghindari hal ini jika mereka mengikuti semua langkah yang benar sebelum & setelah memindahkan situs mereka dari HTTP ke HTTPS.

Ada beberapa alat yang memungkinkan kami memeriksa penerapan SSL yang tepat , namun tidak mengarah ke SEO. Alat ini biasanya memeriksa implementasi kanonik & sertifikat SSL, yang tidak cukup saat Anda melakukan audit SEO setelah memindahkan situs Anda ke HTTPS.

Jadi, apa solusinya?

SEMrush , yang merupakan alat SEO terpopuler , baru-baru ini menambahkan fitur audit pelaksanaan HTTPS di situs mereka audit SEO feautre. Seperti beberapa dari Anda mungkin tahu, SEMrush adalah alat audit HTTPS SEO yang paling komprehensif yang pernah saya temui.

Dalam panduan ini, saya akan membagikan bagaimana Anda dapat menggunakan alat ini untuk memeriksa apakah ada yang salah dengan penerapan HTTPS Anda. Jika Anda telah memigrasikan situs Anda dari HTTP ke HTTPS baru-baru ini dan melihat ada penurunan lalu lintas, atau jika Anda berencana memindahkan situs Anda ke HTTPS kapan saja di masa mendatang ( yang seharusnya ), ini adalah alat yang harus Anda gunakan.

SEMrush adalah alat berbayar, namun Anda dapat menggunakan tautan di bawah ini untuk mendaftar uji coba 14 hari gratis (Anda bisa membatalkan langganan sebelum 14 hari habis). 

Bagaimana Menggunakan Situs Implementasi HTTPS ke Fitur Audit SEO

Catatan: Fitur ini bisa digunakan oleh pengguna SEMrush yang ada & pengguna baru yang mendaftar untuk pertama kalinya.

Inilah yang perlu Anda lakukan:

  • Buat akun di SEMrush atau masuk ke dasbor Anda.
  • Klik pada Project di kolom sebelah kiri.
  • Klik Add New Project & berikan nama proyek Anda (lihat gambar di bawah untuk referensi).
  • Klik Save & kemudian klik pada opsi ” Site Audit” .

Bagian ini cukup mudah

  • Bergantung pada ukuran situs Anda, pilih jumlah halaman yang ingin dirayapi.

SEMrush akan mulai merayapi situs Anda dalam beberapa menit. Seiring dengan masalah HTTPS, SEMrush akan menampilkan semua masalah SEO lainnya yang ada di situs Anda. Dalam kasus saya, dibutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk merangkak 400+ halaman.

  • Sekarang, buka laporan yang dihasilkan di halaman berikutnya , klik pada tab Implementasi HTTPS untuk menemukan semua kesalahan implementasi HTTPS yang ada di situs Anda.

Dalam kasus ini, semua laporan baik-baik saja terlepas dari satu masalah HSTS subdomain

Contoh Kesalahan Implementasi HTTPS:

Ini adalah screenshoot laporan audit HTTPS amadsoleh.com:

Silakan melakukan audit SEO lengkap dengan menggunakan tutorial di atas.

Beri tahu kami masalah penerapan HTTPS apa yang Anda temukan dengan menggunakan alat ini. Juga, jika Anda terjebak di suatu tempat sambil memperbaiki masalah ini, beri tahu saya di bagian komentar di bawah ini dan saya akan membantu Anda.

4 COMMENTS

    • benar mas ketika melakukan perubahan ke https maka secar otomatis trafik akan turun dan ini biasanya 1-2 bulan. Cara tercepat agar terindek kembali submit ke GWT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here