Bagaimana Mengatasi Kesalahan 404 untuk Optimalisasi Search Engine

Posted on

“Kesalahan 404 – Halaman Tidak Ditemukan” – Ini adalah salah satu kesalahan web yang paling umum yang kita lihat di selancar internet sehari-hari. Kami tahu bahwa laman kesalahan menawarkan pengalaman pengguna yang jelas negatif, namun bagaimana dampaknya pada mesin telusur? Apakah 404 halaman buruk untuk SEO ? Apakah mesin pencari menghukum situs web dengan terlalu banyak kode status kode 404?

Pada artikel ini, saya akan melihat 404 halaman kesalahan dari perspektif pengguna dan mesin pencari, dan akan merekomendasikan beberapa praktik terbaik yang dapat diikuti untuk memperbaiki halaman kesalahan 404 mereka.

Alasan paling umum untuk 404 halaman kesalahan:

Kesalahan 404 bisa terjadi karena berbagai alasan. Beberapa yang paling umum adalah sebagai berikut:

  • Anda mengubah permalink Anda atau struktur link dari situs Anda. (Ini sebagian besar terjadi saat mengubah desain, atau mengubah permalinks.)
  • Anda menghapus konten dari situs web Anda.
  • Seseorang menautkan situs Anda ke tautan salah eja atau ke tautan yang salah.

Ketika pengguna atau bot mesin pencari meminta akses ke halaman yang buruk di server, server web biasanya membalas dengan kode status HTTP 404, untuk memberi tahu pengguna bahwa halaman tersebut tidak ada di server. Biasanya search engine bots yang pintar, dan mereka tidak peduli banyak tentang 404 halaman error. Bagi pengguna kehidupan nyata, bagaimanapun, halaman kesalahan 404 menyajikan pengalaman pengguna yang buruk, dan sebagai tanggapan, pengguna biasanya kembali dan mengikuti tautan lain.

Kelemahan lain adalah kesalahan 404 adalah bahwa hal itu dapat menyebabkan Anda kehilangan tautan penting dari domain lain. Ini bukan sesuatu yang saya khawatirkan, tapi ketika pengguna mendarat di situs web melalui link referral dan melihat halaman 404, biasanya membuat mereka pergi.

Menemukan 404 tautan dan memperbaikinya bagi pengguna dan juga untuk SEO:

Mari kita cari tahu apa yang dapat Anda lakukan dengan 404 halaman kesalahan, dan bagaimana cara mengatasinya dengan keuntungan terbaik Anda.

Pertama-tama kami perlu mengidentifikasi 404 halaman di blog Anda. Tempat terbaik untuk memulai adalah dengan alat Google Webmaster . Masuk ke dasbor alat Webmaster> Kesalahan penjelajahan> Tidak ditemukan>

Klik pada salah satu tautan dan Anda akan melihat “ditautkan dari” yang akan memberi gambaran tentang asal laman ini ditautkan. Ini juga berguna untuk menemukan jus tautan potensial di situs web Anda.

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat menggunakan plugin redirection untuk memantau dan mengalihkan kembali 404 halaman kesalahan dari dasbor Anda. (Ini yang saya gunakan disini di blog saya). Setelah Anda memiliki daftar 404 halaman untuk domain Anda, berikut beberapa solusi untuk berurusan dengan mereka:

  • 301 Arahkan kembali tautan ke pos / artikel atau kategori yang paling relevan. Jika tidak ada artikel atau kategori yang relevan, ikuti langkah selanjutnya.
  • Jika kesalahan timbul karena adanya tautan salah eja dari domain lain, Anda dapat meminta webmaster untuk memperbarui tautan, atau Anda dapat menggunakan pengalihan 301.
  • Jika tidak ada artikel yang relevan di situs Anda yang terkait dengan tautan 404, cukup biarkan saja. Google akan secara otomatis mengindeks halaman tersebut pada akhirnya.
  • Anda juga dapat secara manual mengindeks halaman seperti itu dari indeks web menggunakan alat penghapusan webmaster. Namun, jika Anda memiliki ribuan halaman semacam itu, itu akan menjadi tugas bagi Anda. Jadi saya menyarankan saran sebelumnya atau pertanyaan berikut.
  • Gunakan halaman 404 kustom untuk membumbui halaman Anda. Anda dapat menambahkan kotak pencarian, menampilkan artikel yang relevan dengan kueri penelusuran pengguna, atau menampilkan beberapa artikel terpopuler dari portal Anda. Keseluruhan ide adalah memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Hal lain yang perlu diingat adalah jika Anda memiliki portal dengan ribuan halaman 404, Anda tidak ingin bot mesin pencari menyia-nyiakan sumber daya perayapan terbatas mereka pada halaman semacam itu. Untuk alasan ini, sebaiknya langsung diarahkan kapan pun memungkinkan atau untuk memblokir bot mengakses laman ini menggunakan Robots.txt, dan menghapusnya menggunakan alat Google Webmaster. Ini sangat ideal terutama bila Anda telah menghapus direktori atau kategori / tag halaman dari portal Anda.

404 halaman bukan musuh SEO, tapi bukan ide bagus untuk memiliki daftar panjang 404 halaman di blog Anda. Perhatian utama saya terhadap 404 halaman adalah pengalaman pengguna yang buruk yang mereka ciptakan. Dengan pengoptimalan mesin pencari yang berputar seputar menawarkan pengalaman pengguna yang baik, inilah masalah yang kami ingin sampaikan.

Bagaimana Anda menangani 404 halaman di blog atau situs Anda? Apakah Anda menetapkan pengalihan atau menampilkan halaman kesalahan 404 kustom? Beri tahu kami dengan menggunakan bagian komentar di bawah ini.

Jika Anda menemukan informasi di posting ini bermanfaat, tolong bagikan dengan teman dan kolega Anda di Facebook, Twitter dan Google Plus.
Gravatar Image
Panduan lengkap belajar bisnis online & tips membuat website serta tutorial SEO dan Blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *