Home Berita Internet Cara Membuat Kalender Editorial Di WordPress

Cara Membuat Kalender Editorial Di WordPress

156
0
SHARE

Apakah Anda biasanya tahu kapan posting selanjutnya akan dipublikasikan di blog Anda? Anda bahkan tahu topik mana yang akan dibahas oleh blog Anda?

Bila Anda baru mengenal blogging , normal saja menulis posting dan mempublikasikannya saat Anda selesai. Hal ini dapat diterima saat Anda baru memulai karena lebih baik mempublikasikan konten segar daripada menggulingkan banyak hal pada awalnya.

Namun, begitu blog Anda mulai tumbuh, Anda pasti menginginkannya, atau lebih tepatnya, untuk mulai lebih terorganisir dengan perencanaan konten Anda. Kalender editorial adalah apa yang memungkinkan Anda melakukan hal itu.

Namun secara umum, kalender editorial adalah rencana konten jangka panjang yang memungkinkan Anda untuk:

  • Tetap teratur dan cepat melihat semua topik yang akan datang di blog Anda
  • Promosi rencana yang lebih baik untuk setiap pos individual
  • Lacak siapa yang menulis apa ( jika Anda memiliki blog multi-penulis )

Di posting ini, saya akan menunjukkan cara menggunakan alat pihak ketiga yang disebut Trello atau plugin WordPress gratis untuk membuat kalender editorial untuk blog WordPress Anda sendiri.

Cara Membuat Kalender Editorial Dengan Trello

Saya akan memulai dengan tool yang bukan plugin WordPress karena sebenarnya apa yang kita gunakan disini di amadsoleh.com.

Trello memungkinkan Anda membuat “board” yang berisi beberapa daftar dan kartu. Saya akan menunjukkan cara melakukan ini secara lebih rinci dalam sedetik, tapi inilah gagasan singkat bagaimana Anda mengatur Trello untuk membuat kalender editorial:

  • Buat daftar untuk setiap tahap proses penerbitan, seperti “mengedit”, “mempromosikan” dll
  • Buat kartu terpisah untuk setiap posting individu

Misalnya, inilah tajuk rencana Trello kami di sini di amadsoleh.com:

Ingin membuat sesuatu yang serupa untuk blog anda?

Inilah cara membuat kalender editorial Anda sendiri dengan menggunakan Trello:

Langkah 1: Mendaftar akun Trello dan buat papan

Trello adalah layanan gratis. Untuk mendaftar, cukup kepala di sini

Setelah memiliki akun Trello, Anda dapat membuat papan baru dari mana saja di antarmuka dengan mengeklik ikon Plus di pojok kanan atas diikuti dengan memilih Create Board :

Setelah Anda melakukan itu, yang perlu Anda lakukan adalah memberi judul pada papan Anda dan memilih apakah Anda ingin menjadikannya publik atau pribadi:

Langkah 2: Buat daftar (kolom) untuk berbagai tahap konten

Sekarang, Anda harus melihat papan kosong.

Untuk membuat struktur kalender editorial Anda, Anda ingin memikirkan berbagai tahap yang harus dilalui setiap posting blog sebelum siap dipublikasikan.

Misalnya, di papan tulis kami ada daftar untuk:

  • Ide artikel
  • Dalam proses
  • Pengeditan
  • Grafis
  • Siap menerbitkan
  • Dijadwalkan
  • Mempromosikan
  • Jadi

Tapi Anda tidak perlu menggunakan struktur yang sama persis jika tidak sesuai dengan proses Anda. Cobalah untuk memikirkan apa yang terbaik untuk blog Anda dan bagaimana Anda ingin membuat konten.

Baca juga :

Setelah Anda memikirkan tahapan yang berbeda, klik daftar Tambah daftar … untuk membuat daftar pertama Anda:

Ulangi prosesnya sampai Anda memiliki daftar terpisah untuk semua tahap yang akan dilakukan posting blog Anda:

Langkah 3: Buat kartu untuk masing-masing posting blog

Setelah Anda memiliki keseluruhan struktur kalender editorial Anda, Anda dapat mulai menambahkan setiap posting blog.

Untuk itu, yang perlu anda lakukan hanyalah klik Add a card … di bawah salah satu daftar anda:

Kemudian, Anda bisa memberi kartu itu sebuah judul. Judul inilah yang sebenarnya akan muncul dalam daftar. Setelah Anda mengetikkan judul, klik Add :

Kemudian, Anda dapat mengeklik kartu untuk memperluas antarmuka dengan lebih banyak opsi:

Di sini, Anda bisa menambahkan:

  • Sebuah deskripsi
  • Komentar (ini berguna jika Anda berkolaborasi dengan beberapa anggota tim)
  • Tanggal jatuh tempo, tetapkan kartu ke anggota tim tertentu, tambahkan label, dan banyak lagi

Jika Anda menambahkan tanggal jatuh tempo atau label, itu akan muncul dalam daftar untuk membantu Anda tetap teratur:

Itu cukup banyak itu! Setelah sebuah posting blog selesai satu tahap, semua yang perlu Anda lakukan adalah seret kartu ke daftar berikutnya agar tetap teratur:

Ini sangat sederhana, mudah untuk tetap teratur, dan harganya tidak sepeser pun!

Saya melakukan beberapa hal lain untuk lebih mengoptimalkan proses konten kita. Misalnya, kami memiliki daftar periksa untuk penerbitan konten pos. Saya akan menulis posting lain tentang cara membuatnya dalam waktu dekat.

Cara Membuat Kalender Editorial Dengan Plugin Editorial Kalender

Jika Anda memilih untuk menyimpan kalender editorial Anda di dalam dasbor WordPress Anda, ada plugin gratis yang disebut Editorial Calendar yang dibuat khusus untuk blogger seperti kami.

Plugin ini tidak menawarkan fungsionalitas yang sangat canggih dalam hal mengkategorikan pos berdasarkan tahap proses penerbitan apa yang mereka masuki, namun ini membuat manajemen lebih mudah dan membantu memvisualisasikan semua posting Anda yang akan datang.

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin, Anda dapat mengakses kalender editorial baru dengan membuka Posts → Calendar .

Di sini, Anda akan melihat kalender aktual yang menunjukkan Anda:

  • Posting terjadwal yang akan datang
  • Draft yang tidak terjadwal yang membutuhkan tanggal penerbitan

Jika Anda ingin mengubah jadwal yang dijadwalkan, yang perlu Anda lakukan adalah menyeret dan melepaskannya ke hari baru yang ingin Anda publikasikan:

Anda juga dapat menarik dan melepas draf tak terjadwal ke kalender untuk segera memberi mereka tanggal penerbitan. Selain itu, tombol Quick Edit di bawah setiap posting membantu mengedit informasi dasar di sana dalam tampilan kalender:

Lain Gratis, Namun Premium, Pilihan Untuk Membuat Kalender Editorial Di WordPress

Saya pikir salah satu dari dua metode di atas seharusnya bekerja untuk kebanyakan blogger. Tapi jika Anda menginginkan beberapa pilihan lain untuk membuat kalender editorial di WordPress, berikut beberapa solusi lain:

  • CoSchedule – CoSchedule adalah perangkat premium yang memungkinkan Anda mengelola dan mengatur keduanya, posting Anda dan strategi promosi media sosial Anda. Ini adalah anak laki-laki sedikit mahal pada $ 40 per bulan (ditambah $ 9 untuk setiap anggota tim tambahan), namun menawarkan banyak fitur menghemat waktu untuk harganya.
  • Edit Flow – Edit Flow seperti versi Editorial Editorial yang sedikit lebih maju . Ini memberi Anda tampilan kalender yang sama, ditambah fitur yang mempermudah pengelolaan tim penulis dan editor. Jika Anda seorang blogger solo, Anda mungkin tidak memerlukan fitur tambahan itu.

Mulai Menggunakan Kalender Editorial untuk Blog Anda Hari Ini

Sementara kalender editorial sangat membantu jika Anda bekerja dengan tim, blogger solo juga bisa mendapatkan keuntungan dari pendekatan yang lebih terorganisir untuk menciptakan konten.

Hanya perlu waktu beberapa menit untuk menyiapkannya. Dan begitu Anda memilikinya, saya yakin Anda akan meningkatkan produktivitas Anda dan mengelola blog Anda dengan lebih baik.

Sekarang saya ingin mendengar dari Anda – apakah Anda menggunakan kalender editorial di blog Anda? Mengapa atau mengapa tidak? Bagikan pengalaman Anda dengan kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here