Cara Menambahkan Google Analytics ke Blog WordPress di 2018

Posted on

Ketika saya mulai ngeblog, statistik blog hanya untuk mengetahui berapa banyak pengunjung yang saya dapatkan, dan seiring berjalannya waktu saya menyadari statistik blog saya adalah kunci pertumbuhan blog.

Tidak masalah jika Anda memiliki blog dengan 100 tampilan sehari atau blog dengan 100 juta tampilan per hari, Anda harus memiliki program statistik yang membantu Anda melacak lalu lintas blog dan menganalisisnya.

Di posting saya sebelumnya, saya telah berbagi tentang tiga program statistik untuk blog WordPress , dan Google Analytics adalah salah satu program statistik gratis yang harus dimiliki untuk blog manapun. Saya tidak akan membahas tentang manfaat Google Analytics, karena saya telah membahasnya di sini .

Dalam tutorial ini, Anda akan belajar menyiapkan akun Google Analytics dan menambahkan Google Analytics ke blog WordPress Anda.

Saya telah menyederhanakan panduan ini untuk pengguna non-teknis juga, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang teknologi bagaimana integrasi Google Analytics & WordPress.

Cara Setup Account Google Analytics

Mari mulai panduan dengan menyiapkan akun Google Analytics untuk blog WordPress Anda. Anda bisa mengulangi proses yang sama untuk situs web manapun juga. Jika Anda melakukan ini untuk situs web pertama Anda, Anda harus membuka laman Google Analytics dan masuk menggunakan akun Google atau membuat akun yang gratis .

Untuk penyiapan pertama kali, Anda akan diminta untuk menambahkan rincian situs web dan data pribadi Anda untuk memulai. Jika Anda adalah seseorang yang sudah memiliki akun, klik tab Admin di bagian atas> pilih akun dan klik tambahkan properti baru.

Pada halaman berikutnya, Anda perlu menambahkan rincian situs web Anda untuk mendapatkan kode pelacakan. Berikut adalah contoh tangkapan layar dari satu situs web:

Klik pada Get Tracking ID dan Anda akan dipindahkan ke halaman dengan ID pelacakan untuk situs web Anda.

Sejauh ini Anda berhasil menyiapkan akun Google Analytics dan membuat ID pelacakan untuk situs web Anda.

Sekarang bagian yang paling menarik dari tutorial ini dimulai; seperti yang Anda butuhkan untuk mengintegrasikan ID pelacakan Google Analytics ke blog WordPress Anda. Mari kita lihat ke bagian selanjutnya.

Tiga cara menambahkan Google Analytics ke WordPress

Ada beberapa cara untuk menambahkan Google Analytics (GA) ke blog Anda, dan bergantung pada tingkat blogging Anda, Anda harus memilih salah satu metode yang disebutkan di bawah ini. Saya meletakkan metode yang berbeda berdasarkan metode yang disarankan

Opsi 1) Pengelola tag Google:

Saya mulai menggunakan pengelola tag Google pada tahun 2013 dan ini menjadi satu-satunya pengelola tag untuk semua situs saya. Ini gratis dan menggunakannya Anda bisa mengatur semua tag untuk blog Anda dari satu tempat. Saya merekomendasikan GTM untuk setiap blogger profesional dan serius.

Tidak perlu waktu 5 menit untuk setup dan setelah selesai, Anda tidak perlu khawatir tentang manajemen tag di masa depan.

Opsi 2) Menggunakan tema WordPress Anda:

Banyak dari Anda mungkin tidak waspada terhadap kenyataan bahwa sebagian besar tema WordPress memiliki opsi untuk menambahkan skrip header dan footer. Anda bisa menggunakan ini untuk menambahkan kode pelacakan GA ke blog Anda. Cukup salin kode pelacakan yang Anda dapatkan di langkah 1, dan masuk ke opsi pengaturan tema, cari opsi untuk menambahkan skrip footer dan tempelkan kode.

Ini akan bekerja dengan lancar, dan terlebih lagi Anda tidak perlu bergantung pada plugin lain untuk tugas sederhana itu. Screenshot di atas adalah dari kerangka tema Kejadian populer.

Opsi 3: Menggunakan Google Analytics untuk plugin WordPress

Ada banyak plugin yang tersedia di repo Plugin WordPress untuk menambahkan Google Analytics ke blog WordPress Anda, namun plugin Google Analytics oleh Monsterinsights adalah yang paling populer. Yang perlu Anda lakukan adalah menginstal plugin GA for WordPress dari repo resmi ( link plugin ) atau Anda bisa mendapatkan versi pro yang menambahkan fitur canggih.

Setelah mengaktifkan plugin, Anda akan melihat munculan yang meminta untuk mengizinkan atau melarang pelacakan, yang saya pilih “Jangan biarkan pelacakan”.

Buka Pengaturan> Google Analytics untuk mengonfigurasi plugin dan klik klik di sini untuk melakukan otentikasi dengan Google atau Anda juga dapat memilih secara manual memasukkan kode UA.

Klik save settings, dan Anda telah berhasil mengonfigurasi plugin. Jika Anda ingin melihat data Google Analytics di dasbor Anda, klik Wawasan> Dasbor

Dari ketiga opsi tersebut, saya merekomendasikan opsi pengelola tag Google karena akan membuat hidup Anda lebih mudah dalam jangka panjang. Jika Anda seorang blogger berpengalaman & membutuhkan lebih banyak data seperti kategori mana yang paling populer. Penulis mana yang mengemukakan sebagian besar tampilan halaman, saya sarankan Anda menggunakan plugin MonsterInsights .

Beri tahu metode mana yang Anda gunakan untuk menambahkan Google Analytics ke blog Anda dan program statistik lainnya yang Anda gunakan untuk melacak pengunjung di blog Anda. Jangan lupa bagikan tutorial ini dengan teman Anda di Google Plus dan Facebook.

Gravatar Image
Panduan lengkap belajar bisnis online & tips membuat website serta tutorial SEO dan Blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *