Cara Mengkompres & Mengoptimalkan Gambar WordPress Secara Otomatis

Posted on

Jika Anda ingin blog Anda sukses, Anda memerlukan situs web yang memuat dengan cepat . Sebuah blog quick-loading memiliki pengunjung yang lebih bahagia dan ini juga membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google . Tidak ada yang suka mengetikkan alamat dan menunggu sampai halaman selesai dimuat. Sebuah halaman yang memuat sangat lambat berdampak negatif pada pengunjung. Waktu adalah esensi.

Sebenarnya, situs pemuatan cepat sekarang lebih penting daripada sebelumnya karena Google berencana menjadikan kecepatan halaman sebagai faktor besar dalam indeks selulernya mulai Juli 2018 .

Ada banyak cara untuk membantu memuat situs web Anda lebih cepat . Tapi salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan adalah mengoptimalkan gambar Anda.

Sesuai Akamai, gambar membentuk 63% dari ukuran file situs web rata-rata. Karena mereka adalah bagian besar dari situs Anda, menemukan cara untuk mengurangi ukurannya akan membuat perbedaan besar pada waktu pemuatan situs web Anda.

Untuk membantu mengoptimalkan gambar di situs WordPress dengan mudah, saya memutuskan untuk membagikan ulasan ShortPixel ini untuk menunjukkan bagaimana plugin ini dapat dengan mudah mengoptimalkan gambar situs Anda.

Dalam tes saya, ShortPixel mampu mengecilkan ukuran gambar saya sebesar 70-80% tanpa penurunan kualitas gambar yang nyata .

Dan tergantung berapa banyak gambar yang perlu dioptimalkan per bulan, Anda mungkin bahkan tidak perlu membayar apapun untuk menggunakan ShortPixel.

Inilah Cara Plugin ShortPixel WordPress Membantu Anda Mengoptimalkan Gambar Anda

ShortPixel adalah plugin kompresi gambar WordPress yang populer.

Singkatnya, Anda mengkonfigurasinya di situs Anda dan secara otomatis mengoptimalkan gambar yang Anda unggah di WordPress.

Itu berarti Anda mendapatkan semua manfaat pengoptimalan gambar tanpa perlu meluangkan waktu lebih lama daripada menyiapkan posting blog Anda.

Di luar fitur inti itu, ShortPixel memiliki sekumpulan fitur yang lebih kecil yang memberi Anda kontrol lebih terhadap bagaimana plugin mengoptimalkan gambar Anda.

Pertama, ShortPixel tidak memiliki batasan ukuran file dan bekerja dengan:

  • PNG
  • JPG
  • GIF
  • Dokumen PDF

Ini juga dapat membantu Anda mengubah PNG menjadi JPG untuk pengurangan ukuran lebih banyak, serta opsi untuk mengubah gambar WebP untuk pengguna Google Chrome.

ShortPixel juga memungkinkan Anda memilih sejauh mana Anda ingin memampatkan gambar Anda . Ada dua jenis kompresi utama:

  • Lossless : Tidak ada kerugian dalam kualitas gambar tapi hanya sedikit pengurangan ukuran file.
  • Kehilangan: Penurunan ukuran file yang jauh lebih besar, namun memiliki sedikit dampak pada kualitas gambar, maka nama lossy .

Anda juga dapat secara otomatis mengubah ukuran dimensi sebenarnya dari gambar Anda, yang menghemat upaya mengubah ukuran gambar secara manual sebelum mengunggahnya.

Akhirnya, ada tiga fitur lain yang menurut saya layak untuk dibagi:

  • ShortPixel menggunakan API, oleh karena itu kompresi gambar terjadi pada server ShortPixel, yang menghemat Anda dari membuang-buang sumber daya server Anda sendiri.
  • Plugin ini menyertakan tombol yang memungkinkan Anda mengoptimalkan sebagian besar gambar di perpustakaan media WordPress Anda, yang membantu jika Anda menambahkan ShortPixel ke blog yang ada.
  • ShortPixel juga memungkinkan Anda membandingkan versi gambar terkompresi dengan yang asli untuk memastikan tidak ada penurunan kualitas.

Saya juga akan menunjukkan bagaimana plugin benar-benar bekerja dan bagaimana Anda bisa menggunakannya jika untuk keuntungan Anda.

Cara Mengatur ShortPixel Di Situs WordPress Anda

ShortPixel adalah plugin WordPress gratis yang terdaftar di WordPress.org. Namun, karena menggunakan API untuk mengizinkan situs WordPress Anda terhubung ke server ShortPixel, proses instalasi memiliki beberapa langkah tambahan.

Langkah 1: Instal dan aktifkan plugin ShortPixel

Untuk memulai, pasang dan aktifkan plugin ShortPixel gratis seperti plugin lainnya di WordPress.org:

Langkah 2: Minta kunci API ShortPixel Anda

Selanjutnya, masuk ke Settings → ShortPixel .

Masukkan email Anda di kotak Request an API Key dan klik Request Key :

Setelah Anda melakukannya, halaman harus memuat ulang dan ShortPixel secara otomatis akan menambahkan kunci API Anda ke dalam pengaturan plugin:

Anda juga akan mendapatkan email dengan kunci API Anda, jika Anda perlu menggunakannya di beberapa situs. Anda juga bisa mendaftar dan membuat akun secara manual untuk mendapatkan Kunci API gratis untuk ShortPixel.

Cara Mengkonfigurasi Pengaturan ShortPixel

Setelah menambahkan kunci API Anda, Anda harus mengkonfigurasi beberapa pengaturan sebelum mulai menggunakan plugin.

Pertama, penting untuk memilih jenis Kompresi Anda. Ini memungkinkan Anda memberi tahu ShortPixel seberapa agresif Anda ingin memampatkan gambar Anda. Sebagian besar waktu , Anda dapat menggunakan pengaturan default Lossy .

Tetapi jika Anda menampilkan posting di mana kualitas sangat penting ( seperti blog fotografi ), Anda mungkin ingin memilih salah satu pilihan Glossy atau Lossless yang kurang agresif:

Di bawah ini, Anda dapat membuat beberapa pilihan yang lebih kecil:

  • Juga termasuk thumbnail: Memberitahu plugin apakah itu juga harus mengkompres gambar thumbnail. Ini akan menggunakan kuota gambar Anda lebih cepat ( lebih banyak pada kuota gambar nanti ). Jika memungkinkan, saya sarankan Anda membiarkan setelan ini diaktifkan. Tetapi jika Anda ingin menghemat uang, Anda dapat mempertimbangkan untuk menonaktifkannya.
  • Backup gambar: Saat Anda mencentang kotak ini, plugin akan menyimpan gambar asli dan tidak terkompresi, serta versi yang dioptimalkan. Saya sarankan agar Anda membiarkan pengaturan ini diaktifkan juga, kecuali jika Anda memiliki ruang penyimpanan terbatas di host Anda (ini seharusnya tidak menjadi masalah pada host seperti Bluehost , yang menawarkan penyimpanan tak terbatas)
  • Hapus tag EXIF dari gambar : Saat dicentang, plugin akan menghapus metadata di belakang layar dari gambar. Saya sarankan agar Anda membiarkan setelan ini diaktifkan.
  • Mengubah ukuran gambar besar: Pengaturan ini memungkinkan Anda mengubah ukuran dimensi gambar sebenarnya yang Anda unggah secara otomatis. Sebaiknya atur setidaknya 25% lebih besar dari lebar gambar maksimum yang ditampilkan oleh tema Anda ( ini memberi Anda penyangga jika Anda mengganti tema WordPress di kemudian hari ).

Misalnya, jika tema Anda menampilkan gambar dengan lebar maksimum 800px, sebaiknya Anda memasukkan minimal 1000px untuk lebar maksimum. ShortPixel akan memberi petunjuk arah untuk memastikan Anda tidak membuat nilainya terlalu rendah.

Pengaturan Lanjutan ShortPixel

Jika Anda ingin memanfaatkan beberapa fitur ShortPixel yang lebih maju ( dan opsional ), Anda bisa membuka tab Advanced .

Di sini, Anda dapat mengatur opsi untuk melakukan hal-hal seperti:

  • Mengkonversi gambar PNG ke JPEG
  • Gunakan gambar WebP
  • Optimalkan gambar Retina
  • Secara otomatis mengecualikan gambar tertentu agar tidak dioptimalkan

Sekali lagi – pengaturan ini sepenuhnya opsional. Tapi gambar WebP bisa 25% lebih kecil dari jenis gambar lainnya, jadi bagus untuk memiliki akses ke fitur ini.

Cara Kompres Gambar WordPress Dengan Plugin ShortPixel

Setelah Anda selesai mengonfigurasi plugin, ShortPixel secara otomatis akan mulai mengoptimalkan gambar baru yang Anda unggah ke pustaka media Anda.

Jika Anda ingin mengoptimalkan gambar dalam jumlah besar di situs Anda, Anda dapat membuka Media → Bulk ShortPixel .

Kemudian, klik tombol Mulai Mengoptimalkan untuk mulai mengompres semua gambar lama di situs Anda:

Anda juga dapat secara manual mengoptimalkan gambar individu dengan mengunjungi perpustakaan media WordPress biasa Anda:

Berapa Gambar Kompresi ShortPixel?

Sementara ShortPixel mudah digunakan dan menawarkan banyak pengaturan lanjutan yang sangat membantu, hal yang sangat penting adalah seberapa efektif ShortPixel mengurangi ukuran gambar Anda .

Jadi, saya akan melakukan tes cepat untuk memberi gambaran tentang berapa banyak ShortPixel dapat mengecilkan ukuran file gambar Anda.

Pertama, saya akan mengupload gambar yang sangat besar . Ini memiliki ukuran file awal 1,33 MB dengan dimensi 3264 x 2448 px ( gambar iPhone ).

Setelah ShortPixel mengoptimalkan gambar, ukuran file barunya hanya 184 KB , yang merupakan pengurangan 82,37% .

Lebih baik lagi, ShortPixel melakukan ini tanpa kehilangan kualitas yang mencolok:

Selanjutnya, saya akan mengunggah gambar yang dimulai sedikit lebih kecil. Ukuran file aslinya adalah 191 KB dan dimensinya 1920 x 1080.

Setelah mengoptimalkan plugin dengan ShortPixel, ukuran file baru hanya 31 KB , yang berarti ShortPixel mengurangi ukurannya sebesar 71.85% . Sekali lagi, sulit untuk memperhatikan perbedaan kualitas:

Berapa Biaya ShortPixel?

ShortPixel memungkinkan Anda mengoptimalkan 100 gambar per bulan secara gratis tanpa batasan ukuran file.

Jika Anda perlu mengoptimalkan lebih dari 100 gambar, Anda harus menggunakan salah satu dari paket berbayar ShortPixel.

Rencana berbayar ini mulai dari $ 4,99 per bulan yang memungkinkan Anda mengoptimalkan hingga 5.000 gambar.

Jika Anda hanya perlu mengoptimalkan sebagian besar gambar lama, ShortPixel juga memiliki satu kali rencana yang mulai dari $ 9,99 hingga 10.000 gambar.

Mengingat seberapa baik ShortPixel mampu mengkompres gambar, menurut saya harga ini pasti fair, apalagi karena kebanyakan blogger mungkin bisa menggunakan free plan.

Pikiran Akhir Menggunakan ShortPixel

Mengompresi gambar blog Anda bukanlah pilihan namun merupakan aspek penting dari blog dengan loading lebih cepat. Banyak pengguna yang tidak melakukan ini yang mengakibatkan keluhan pemuatan halaman lambat. Selain itu, saat Anda memampatkan gambar, Anda juga menghemat bandwidth hosting Anda yang sangat bagus untuk siapa pun yang menggunakan Webhosting berukur untuk hosting blog mereka. Saya telah menggunakan / menguji banyak plugin kompresi gambar WordPress dan juga membicarakannya di sini . ShortPixel jelas menonjol di antara semua dan merupakan salah satu pilihan utama pembaca ShoutMeLoud. Setelah Anda menginstal dan mengkonfigurasi plugin ShortPixel, semuanya otomatis.

Untuk sesekali ( hobi blogger ), 100 free images / bulan adalah angka yang lumayan. Bagi blogger yang serius, membeli paket bulanan atau bahkan satu kali adalah pilihan yang tepat. Pertama kali ketika saya belajar tentang teknologi kompresi gambar, saya membeli lisensi satu kali dan mengompresi semua gambar saya. Hasilnya sangat signifikan dan saya merekomendasikan setiap blogger WordPress untuk mencoba. Rekomendasi saya adalah memulai dengan menggunakan rencana gratis dan perhatikan ukuran gambar setelah kompresi. Anda juga bisa memperhatikan pemuatan halaman (jika bisa) bersamaan dengan penghematan bandwidth.

Saya ingin mendengar saran Anda mengenai memperkecil ukuran gambar untuk di website, beritahu saya cara Anda di kolom komentar. Jangan lupa berbagi

Gravatar Image
Panduan lengkap belajar bisnis online & tips membuat website serta tutorial SEO dan Blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *