SHARE

Plugin Broken Link Checker WordPress (BLC) adalah plugin audit SEO yang penting. Untuk blog WordPress yang besar, plugin ini adalah penyelamat untuk menghapus tautan yang rusak dan memperbaiki pengalihan, dan sangat berguna saat Anda membersihkan situs WordPress Anda . Plugin ini menemukan semua tautan rusak dan terarah dan memberi Anda banyak pilihan tentang cara memperbaikinya.

Tapi sebelum kita berbicara lebih banyak tentang plugin Broken Link Checker, mari kita bicara tentang broken links.

Apa link yang rusak?

Tautan rusak adalah tautan yang tidak tertaut ke laman yang ada. Ini adalah tautan “mati” dan berisi kode kesalahan 404 .

Di masa lalu, Anda mungkin telah menautkan ke beberapa laman di beberapa situs web, namun laman tersebut telah dihapus. Hal ini menyebabkan broken link. Saat pengunjung mengikuti link tersebut, mereka akan mendapatkan halaman error 404.

Tapi ini tidak hanya berdampak pada pengguna. Ketika bot search engine menemukan broken link, mereka juga mendapatkan kode status 404 yang menyiratkan bahwa halaman tersebut tidak ada. Dari sudut pandang SEO, tautan rusak ini (yaitu tautan mati) akan berdampak negatif pada situs web Anda.

Terlalu banyak link dan situs web ini akan menderita sesuatu yang disebut ” Link Rot “.

Jadi bagaimana sebuah situs web mendapatkan broken links?

Nah, selain menghubungkan ke halaman yang telah dihapus, jika Anda adalah blog populer yang mendapat banyak komentar, komentar tersebut mengandung link. Jika situs Anda telah ada untuk sementara waktu, dan Anda mendapatkan banyak komentar, kemungkinan Anda memiliki banyak tautan rusak ke situs web yang sudah tidak ada lagi.

Ada banyak situs pemeriksa link yang rusak di luar sana untuk memeriksa tautan di situs Anda yang rusak. Tapi dengan WordPress, kita memiliki kekuatan plugin.

Plugin WordPress Untuk Memperbaiki Tautan Rusak

Broken Link Checker adalah alat gratis untuk WordPress.

Ini membantu Anda menemukan semua tautan yang rusak di blog Anda dan juga menyoroti semua pengalihan.

Plugin WP ini memeriksa semua URL di blog WordPress Anda dan memberi Anda laporan lengkap tentang tautan rusak dan terarah.

Bagaimana Menggunakan Broken Link Checker Plugin WordPress

  • Download dan pasang pluginnya. < Link >
  • Aktifkan plugin dan masuk ke pengaturannya dengan mengklik Tools> Broken Links.

Mungkin diperlukan beberapa saat sebelum plugin mulai mendeteksi tautan yang rusak dan terarah. Anda selalu dapat memeriksa status dari dasbor Anda.

Berikut adalah bagaimana plugin checker link rusak menunjukkan link yang rusak:

Seiring dengan broken link, ini juga menunjukkan kode status yang akan membantu Anda menentukan apakah Anda harus membatalkan link, update, atau tidak melakukan tindakan apapun.

Rekomendasi saya akan bekerja untuk memperbarui tautan, bukan hanya membatalkan tautan. Tapi, jika Anda memiliki blog besar dengan ribuan tautan rusak, lebih baik menyingkirkan tautan 404 tersebut daripada menundanya nanti.

Anda juga dapat mengkonfigurasi banyak pengaturan. Saya sarankan Anda pergi ke “Look For Links In” dan periksa bagian komentarnya.

Jika server Anda kurang bertenaga atau jika dikuasai, Anda dapat menetapkan “batas beban server” spesifik di bawah tab Setelan lanjutan” .

Dan di tab “Umum” , Anda bisa menghentikan bot mesin pencari agar tidak mengikuti tautan yang rusak. Saya akan sangat menyarankan Anda menetapkan satu ini.

Tautan rusak ditemukan. Apa selanjutnya?

Jadi setelah menjalankan plugin ini selama beberapa jam, Anda pasti akan menemukan beberapa broken link.

Untuk komentar, Anda cukup memilih semuanya dan dari dropdown, Anda bisa memilih “Unlink”.

Untuk posting blog, saya akan sangat menyarankan Anda memperbarui link bukan hanya unlinking itu. Ini akan menjaga integritas posting asli Anda.

Fitur yang paling menarik dari plugin ini adalah menemukan dan memperbaiki redirection. Seiring berjalannya waktu, banyak orang mengubah domain mereka dan melakukan pengalihan, atau beberapa perubahan struktur permalink namun keterkaitan lama terhubung ke URL lama.

Plugin Broken Link Checker memeriksa semua pengalihan, dan dengan satu klik, Anda dapat memperbaiki dan memperbarui tautan yang dialihkan.

CATATAN: Jika Anda menggunakan link afiliasi, ini juga akan ditampilkan sebagai link yang diarahkan ulang, jadi pastikan Anda tidak memperbaiki tautan afiliasi.

Berikut adalah tangkapan layar tentang bagaimana Anda dapat memperbaiki tautan yang diarahkan:

Jika Anda pernah mengubah struktur domain atau permalink, atau Anda pindah dari BlogSpot ke WordPress atau dari platform lain, fitur pengalihan ini akan sangat berguna untuk Anda.

Beberapa waktu yang lalu, saya mengubah struktur permalink untuk web saya yang akhirnya menampilkan deskripsi meta duplikat untuk semua posting berdasarkan saran HTML dari alat Google Webmaster saya. Setelah mencari-cari, saya menyadari itu adalah bug, tapi saya juga menyadari bahwa tidak perlu menyimpan banyak tautan dengan struktur permalink lama karena terlalu banyak pengalihan dan tautan rusak akan berdampak buruk bagi SEO.

Bergantung pada jumlah total tautan di situs Anda, plugin ini akan memakan waktu sekitar 10-45 menit untuk memperbaiki semua tautan yang rusak dan yang dialihkan.

Terakhir kali saya menggunakan plugin ini, saya akhirnya memperbaiki hampir 600 broken link di amadsoleh.com !

Catatan cepat: Plugin ini menambahkan terlalu banyak tabel di database Anda yang akan meningkatkan ukuran database Anda. Jadi, setelah menggunakan plugin ini, nonaktifkan dan gunakan plugin WT-DB Manager , Anda dapat menghapus semua tabel yang dibuat oleh plugin ini.

Sebagai referensi Anda, berikut adalah tabel yang dibuat oleh BLC:

plugin: _blc_filters, _blc_instances, _blc_links, _blc_synch

Tidak masalah platform mana yang anda gunakan (WordPress atau yang lainnya), broken link di situs manapun tidak bagus untuk SEO. Kapan pun Anda melakukan audit SEO di situs Anda , pastikan untuk menggunakan Broken Link Checker.

Beritahu kami plugin WordPress mana yang Anda gunakan untuk menemukan tautan yang rusak di blog Anda. Pernahkah Anda menggunakan plugin Broken Link Checker WordPress? Beri tahu kami di komentarnya.

Seperti posting ini? Jangan lupa untuk membaginya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here