Cara Pindah Blog WordPress-com Ke WordPress-org di Hostgator atau Hosting Lainya

Posted on

WordPress.com adalah platform blogging yang baik untuk saat ini ketika Anda ingin memulai karir di dunia blog. Namun seiring waktu, ketika Anda menyadari potensi sesungguhnya dari blogging adalah  untuk mengekspresikan diri, untuk mengembangkan bisnis Anda, atau untuk membuat mesin uang di blog.

Cara Pindah Blog WordPress-com Ke WordPress-org di Hostgator atau Hosting Lainya

Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti panduan lengkap ini untuk memindahkan WordPress.com blog gratis ke server Anda sendiri. Dalam tutorial ini Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Anda dapat beralih dari WordPress.com ke WordPress.org?
  • Bagaimana memulai sebuah blog WordPress.org?
  • Bagaimana untuk berpindah dari WordPress.com ke WordPress self-host tanpa kehilangan lalu lintas pencarian?
  • Apakah Anda perlu membatalkan langganan WordPress.com Anda setelah pindah?

Bermigrasi blog WordPress.com Anda ke akun hosting Anda sendiri.

Dalam panduan ini, saya akan memberitahu Anda bagaimana metode saya, Anda tidak harus kehilangan lalu lintas atau hasil pencarian mesin.

Pindah Dari WordPress.com ke Self-Hosted WordPress.org.

Untuk panduan ini, di sini adalah skenario:

  • Memindahkan blog WordPress.com dengan nama domain kustom.
  • Bergerak dari platform WordPress gratis host untuk nama domain yang sama pada SiteGround hosting.
  • Host lain secara resmi direkomendasikan adalah Hostgator.

Jika kasus Anda berbeda dari atas (Anda belum memiliki kebiasaan nama domain), jangan khawatir! Panduan ini masih sama. Mengabaikan semua langkah yang tidak relevan.

Mengekspor WordPress.com Blog Anda:

Untuk memulai proses, Ekspor blog WordPress.com Anda dengan mengikuti langkah-langkah ini.

  1. Login ke dashboard WordPress.com Anda.
  2. Klik Tools> Ekspor.
  3. Pilih “Semua konten”. (all content)
  4. Klik pada “Download Export File”.

Export-WordPress.com-blog

Ini akan men-download file xml dari blog WordPress.com Anda. Langkah berikutnya adalah cukup sederhana, dan semua yang perlu Anda lakukan adalah membuat WordPress pada akun hosting baru Anda dan mengimpor file .xml Anda. (Semua langkah-langkah yang disebutkan di bawah.)

Install WordPress dan Impor Konten dari WordPress.com

Dalam kasus saya, saya menggunakan SiteGround sebagai tuan rumah. Karena saya migrasi blog WordPress.com dengan custom domain, saya telah mengedit beberapa file host saya pada Mac saya untuk mengakses situs ini tanpa mengubah nameserver.

Catatan: Jika Anda tidak menggunakan custom domain di WordPress.com, Anda tidak perlu khawatir tentang cara mengubah file host Anda.

Setelah Anda menginstal WordPress di hosting Anda, masuk ke dashboard WordPress yang baru diinstal dan menghapus posting default dan halaman. Setelah itu, pilih pada bagian Settings> Permalink dan pilih “Day and name” sebagai struktur permalink Anda.

Fixing-WordPress-permalink3

Kemudian pilih Tools> Impor> WordPress.

Import-WordPress-XMl-file

Disini Anda akan diminta untuk menginstal plugin importir WordPress. Menginstal plugin dan meng-upload file xml yang kita diekspor sebelumnya.

Install-WordPress-importer-plugin

WordPress-extended-RSS-WXR-file

Catatan: Banyak web host memiliki batas upload 2MB. Anda perlu memeriksa ukuran file .xml diekspor Anda dan pastikan bahwa hosting Anda memiliki batas upload lebih tinggi dari file itu sendiri. Misalnya, di layar di atas, Anda dapat melihat ukuran maksimum adalah 100 MB.

Jika Anda perlu meningkatkan batas upload, Anda dapat mengedit file php.ini, atau dapat meminta tim dukungan perusahaan hosting Anda dan mereka akan melakukannya untuk Anda.

Setelah file diupload, disini akan meminta Anda untuk menetapkan penulis.

Import-WordPress-author

Anda dapat memilih “Download and import file attachment” untuk mengimpor semua gambar Anda dan upload file ke account hosting Anda. Jika Anda memiliki terlalu banyak keterikatan, ini mungkin gagal, dan Anda harus mengulangi langkah di atas.

Impor Gambar dari WordPress.com ke WordPress.org:

Jika, seperti saya, Anda tidak dapat mengimpor semua gambar Anda, Anda dapat menggunakan plugin yang disebut Impor Eksternal Images . Ini adalah plugin sederhana yang memungkinkan Anda mengimpor semua gambar eksternal pada blog Anda ke akun hosting Anda.

  • Install and activate the plugin.
  • Go to Media > Import images.
  • Click on “Import images”.

Import-WordPress.com-Images

Tergantung pada jumlah posting dan gambar, ini akan memakan waktu beberapa menit untuk mengimpor semua gambar dari WordPress.com.

Setelah menggunakan plugin ini, Anda juga harus menggunakan Images Cache plugin untuk memindai situs Anda sekali lagi. Dalam kasus saya, dengan plugin pertama, hanya 60% dari gambar yang diimpor, dan dengan Cache Images Plugin, semua gambar dari files.wordpress.com diimpor. Sekarang bahwa gambar telah diimpor, 80% dari migrasi selesai.

301 Redirection Menggunakan Official Site Redirect Add-on.

Catatan: Hanya melakukan langkah ini jika Anda belum menggunakan nama domain kustom.

Langkah terakhir ini penting yang Anda butuhkan agar tidak kehilangan di mesin pencari. Untuk membuat itu terjadi, kita perlu mengambil alamat blog WordPress.com dan memilikinya secara otomatis mengarahkan ke domain baru. Dengan cara ini Anda tidak akan kehilangan lalu lintas atau link balik ke situs Anda.

WordPress menawarkan yang disebut Site add-on Redirect dengan biaya $ 13 / tahun dan menawarkan 301 redirect permanen.

Site-redirect

Pergi ke WordPress.com pada bagian dashboard Anda, klik “Store” dan membeli Redirect Situs add-on. Tambahkan nama domain Anda di sana, dan ini add-on akan mengurus semua lebih 301 pengalihan.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang migrasi blog WordPress gratis ke hosting berbayar, atau jika Anda menghadapi masalah apapun saat mengikuti panduan di atas, jangan ragu untuk membiarkan saya tahu melalui komentar.

 

Gravatar Image
Panduan lengkap belajar bisnis online & tips membuat website serta tutorial SEO dan Blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *