Home Berita Internet Fitur Baru Gutenberg Editor dari WordPress

Fitur Baru Gutenberg Editor dari WordPress

164
0
SHARE

Saat saya menulis dan membaca ini, tim dari WordPress sedang dalam proses mengembangkan editor konten yang sama sekali baru untuk WordPress – Gutenberg – dan saat ini dijadwalkan diluncurkan pada beberapa titik di tahun 2018 sebagai bagian dari WordPress 5.0.

Ini untuk membantu Anda bersiap menghadapi perubahan yang telah saya tulis di posting ini tentang Bagaimana Menggunakan Editor Gutenberg WordPress .

Saya akan menunjukkan dengan tepat bagaimana Anda bisa menggunakan editor baru untuk menulis posting blog sehingga Anda siap untuk masa transisi ketika WordPress 5.0 dan Gutenberg dilepaskan .

Sebuah Pengantar untuk WordPress Gutenberg Editor Interface

Saat pertama kali membuka halaman atau halaman baru bersama Gutenberg, inilah yang akan Anda lihat:

Ini agak mirip dengan editor WordPress TinyMCE saat ini, namun perbedaan terbesar bagi Anda adalah tidak adanya satu kotak teks untuk Anda yang saat ini Anda gunakan untuk menulis dan memformat semua konten Anda.

Sebagai gantinya, Anda akan memiliki satu area putih besar yang dimulai dengan ‘Tuliskan cerita Anda’. Jika Anda membaca posting saya tentang editor WordPress Gutenberg mana, Anda akan tahu itu karena Gutenberg menggunakan “blok” untuk membantu Anda membuat konten Anda, bukan satu area masukan teks tunggal.

Untuk informasi lebih lanjut tentang blok apa, saya sarankan Anda membaca posting saya di atas. Tapi sebagai penyegaran cepat, blok pada dasarnya bisa apa saja. Bisa jadi:

  • Sebuah paragraf teks biasa
  • Gambar
  • Tombol CTA
  • Video tersemat

Pengembang pihak ketiga juga dapat mengkodekan blok mereka sendiri untuk menambahkan lebih banyak fungsi. Anda sudah bisa melihat contohnya Social BlocksWP .

Bagaimana Menggunakan Antarmuka Gutenberg Editor

Berikut adalah apa yang berbagai bidang antarmuka Gutenberg membiarkan Anda lakukan:

  1. Klik tombol ini untuk menambahkan blok baru.
  2. Tombol undo / redo membiarkan Anda bergerak maju atau mundur untuk mengedit dengan mudah, seperti Microsoft Word.
  3. Area pengaturan ini mencakup banyak pilihan yang sama seperti sidebar editor WordPress saat ini. Di situlah Anda menambahkan kategori / tag , atur gambar unggulan, pilih tanggal penerbitan dll.
  4. Bila Anda memilih blok individual, area pengaturan ini mencakup pengaturan yang spesifik untuk blok tersebut. Di situlah Anda bisa memilih warna, gaya, dan detail penting lainnya yang penting dari blok.
  5. Kedua tombol ini membiarkan Anda melihat pratinjau atau mempublikasikan posting Anda.

Jika Anda mengklik tombol + Plus untuk memasukkan blok, itu akan membuka jendela yang memungkinkan Anda melihat semua blok yang tersedia yang dapat Anda gunakan di konten Anda:

Tab Terbaru dan Tersimpan memungkinkan Anda mengakses blok yang sering Anda gunakan, sementara tab Blokir dan Embeds memungkinkan Anda meramban semua blok yang tersedia.

Anda juga dapat menggunakan kotak pencarian untuk menemukan blok tertentu dengan cepat dengan mengetikkan nama blok.

Cara Menulis Postingan Blog Menggunakan Editor Gutenberg

Sekarang setelah Anda tahu bagaimana antarmuka bekerja, dengan baik, sampai batas tertentu, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda benar-benar dapat menggunakan Gutenberg untuk menulis posting blog untuk situs Anda.

Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin menulis posting blog yang mencakup:

  • Banyak teks biasa
  • Gambar
  • Video YouTube yang disematkan
  • Sebuah meja
  • Tombol CTA

Sebelumnya, Anda mungkin memerlukan beberapa plugin terpisah atau CSS khusus untuk menangani pembuatan tabel dan tombol CTA – tapi sekarang Anda dapat melakukan semuanya dengan Gutenberg.

Langkah 1: Tulis teks Anda dengan menggunakan blok paragraf

Untuk menulis teks posting blog Anda, Gutenberg tidak mengharuskan Anda untuk benar-benar menambahkan blok baru. Sebagai gantinya, Anda tinggal klik di halaman dan mulai menulis seperti ini:

Cukup mudah sejauh ini kan?

Yang Anda lakukan hanyalah mengetik. Dan kapan pun Anda menekan enter untuk memulai paragraf baru, Gutenberg akan secara otomatis membuat blok baru.

Jika Anda ingin menambahkan link, mengubah keselarasan, atau memformat teks dengan huruf tebal atau huruf miring, Anda tinggal klik pada blok teks dan gunakan menu bar mengambang:

Langkah 2: Tambahkan blok gambar

Untuk menambahkan gambar di manapun di posting blog Anda, semua yang perlu Anda lakukan adalah mengarahkan kursor ke tempat Anda ingin memasukkan gambar Anda.

Bila Anda melakukannya, Anda akan melihat ikon + Plus muncul. Mengkliknya akan membuka daftar blokir, yang akan membantu Anda memilih blok Gambar .

Ketika Anda melakukannya, Anda dapat mengunggah gambar baru atau memilih gambar dari Perpustakaan Media Anda, seperti yang Anda lakukan dengan editor WordPress saat ini:

Begitu Anda memasukkan blok gambar, Anda akan melihat gambar sebenarnya di editor.

Langkah 3: Tambahkan blok embed YouTube

Untuk menyematkan video YouTube, Anda mengikuti proses yang hampir sama:

  • Arahkan kursor ke tempat yang Anda inginkan untuk menyematkan video YouTube Anda
  • Klik ikon + Plus
  • Buka tab Embeds
  • Pilih YouTube

Kemudian, yang perlu Anda lakukan adalah menempelkan URL ke video, klik Embed , dan Anda akan melihat video tersemat di sana di pos Anda:

Langkah 3: Tambahkan blok Table

Blok Table memungkinkan Anda memasukkan dan memanipulasi tabel di mana saja dengan konten Anda dengan mudah.

Untuk melakukannya, Anda harus mengikuti proses yang sama seperti di atas. Dan begitu Anda menambahkannya, Anda dapat menambahkan atau menghapus baris dan kolom dengan menggunakan menu bar mengambang:

Langkah 4: Tambahkan dan gaya tombol blok

Blok tombol adalah salah satu tambahan favorit saya ke editor Gutenberg karena tombol adalah sesuatu yang sebelumnya sulit ditambahkan tanpa mengetahui penggunaan CSS khusus. Tapi dengan Gutenberg, menggunakan tombol yang sederhana.

Pertama, Anda bisa memasukkan sebuah tombol dengan mengikuti proses yang sama seperti blok lainnya. Untuk mengedit teks tombol, semua yang perlu Anda lakukan adalah klik dan ketik:

Anda juga bisa masuk ke tab Block untuk mengubah warna tombol Anda:

Dan itu dia! Anda hanya menulis keseluruhan posting blog menggunakan editor Gutenberg WordPress yang baru. Sesederhana itu

Beberapa Hal Bermanfaat Lainnya Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Editor Gutenberg WordPress

Terlepas dari apa yang saya tunjukkan di atas, ada juga beberapa hal bermanfaat lainnya yang dapat Anda lakukan dengan Gutenberg.

Salah satu fitur yang sangat membantu adalah kemampuan untuk menambahkan warna latar belakang yang unik ke blok paragraf manapun di pos Anda:

Anda juga bisa menggunakan tombol atas dan bawah di sebelah setiap blok untuk segera mengubah posisi blok yaitu tanpa metode copy dan paste lama:

Dan akhirnya, jika Anda ingin menghemat waktu saat memasukkan blok baru, saya menyukai fitur auto-insert autosuggest. Daripada perlu menggunakan ikon + Plus setiap kali Anda ingin memasukkan blok baru, Anda bisa mulai mengetik dan menggunakan format / blok-nama ini .

Saat Anda mengetik, Gutenberg secara otomatis akan menyarankan blok yang cocok:

Dengan fitur ini, Anda bisa menambahkan blok hanya dengan menggunakan keyboard Anda, yang membantu Anda dalam arus.

Apa yang Anda Pikirkan Editor Gutenberg Baru?

Sekarang setelah Anda memiliki kesempatan untuk melihat lebih banyak tentang bagaimana fungsi editor Gutenberg yang baru, beri tahu kami pendapat Anda tentang hal itu.

Apakah menurut Anda ini akan membuat blog Anda lebih mudah? Atau apakah Anda masih lebih suka editor WordPress saat ini?

Beri tahu kami di komentarnya!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here