Home Berita Internet Mana Platform Terbaik yang Digunakan Untuk Memulai Blog? Ini Jawabanya

Mana Platform Terbaik yang Digunakan Untuk Memulai Blog? Ini Jawabanya

451
0
SHARE

Suatu hari Anda memutuskan untuk memulai sebuah blog, dan Anda segera terjebak dalam pertanyaan yang paling mendasar namun paling penting:

  • Dimana saya harus pergi untuk memulai sebuah blog?
  • Platform blogging mana yang harus saya gunakan?

Pertanyaan ini memainkan peran penting bagi siapa saja yang ingin memulai blogging.Itu sebabnya, dalam panduan ini, saya akan membantu Anda memilih platform blogging yang tepat.

Semua platform blogging yang tercantum di bawah ini memungkinkan Anda melakukan hal yang paling penting – menulis dan menerbitkan. Tapi ketika mencari platform blogging yang tepat untuk digunakan, Anda mungkin juga perlu menemukan beberapa diantaranya:

  • Memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan agar sesuai dengan kepribadian Anda.
  • Memungkinkan Anda menambahkan logo Anda sendiri.
  • Memungkinkan Anda menggunakan nama domain khusus .
  • Mari pembaca pembaca berlangganan pembaruan blog .
  • Memungkinkan Anda menambahkan kode Google AdSense sehingga Anda dapat menghasilkan uang.
  • Menawarkan opsi berbagi dan berlangganan media sosial .

Ini hanyalah beberapa dari banyak faktor yang tidak dapat Anda abaikan. Ini mungkin tidak penting saat Anda memulai, tapi saat Anda jatuh cinta dengan tulisan (yang biasanya terjadi dalam waktu 2-3 minggu), Anda akhirnya akan mengajukan pertanyaan ini kepada diri Anda sendiri:

Apa lagi yang bisa saya lakukan dengan blog saya?

Banyak orang membuat kesalahan dengan memilih platform yang salah dan kemudian menyesali hal itu. Karena itulah panduan ini akan membantu Anda tidak membuat kesalahan seperti itu.

Terlepas dari poin yang tercantum di atas, satu faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa sering platform diperbarui. Apakah ini up-to-date dengan semua tren terbaru dan kemajuan teknologi?

Misalnya, tiga tahun yang lalu itu tidak perlu ada blog yang mobile-friendly. Maju cepat 3 tahun dan semua blog pasti mobile-friendly atau kalau tidak kita akan kehilangan banyak traffic. Tapi keramahan mobile tidak hanya untuk pembaca, tapi juga untuk kita … Katakanlah Anda bepergian dan sebuah pemikiran bagus masuk ke dalam pikiran Anda. Sekarang Anda bisa mencabut smartphone dan blog Anda tentang hal itu!

Ini adalah jenis skenario yang perlu dipikirkan saat memilih platform Anda.

Jadi dalam artikel ini, kita akan membahas hal-hal berikut:

  • WordPress.org
  • WordPress.com
  • BlogSpot Google

Ada beberapa platform lain di luar sana seperti Weebly dan Squarespace yang mungkin Anda temukan di web sebagai “platform blogging terbaik”, tapi ternyata tidak. Mereka adalah pembangun situs yang lebih, yang bagus, tidak ideal untuk blogging.

Jika Anda tidak ingin membaca keseluruhan artikel ini dan hanya ingin tahu platform mana yang akan digunakan, maka pilih WordPress.org . Percayalah dan saya 9 tahun blogging profesional. WordPress.org tanpa pertanyaan yang terbaik. Anda bisa membaca tutorial ini untuk meluncurkan blog Anda di WordPress.org dalam 10 menit berikutnya. Iya nih! Semudah itu

Tapi saya akan merekomendasikan semua orang terus membaca artikel ini karena kami akan membahas secara terperinci mengapa kita harus menggunakan platform ini. Anggap ini sebagai membeli telepon baru dan mengetahui semua fitur. Begitulah cara kita tetap terinformasi dan membuat keputusan yang baik …

Kedengarannya bagus?

Alright, mari kita pergi ke depan dan melihat apa platform blogging populer ini yang ditawarkan dan apa yang kurang.

1. WordPress.org (platform WordPress yang di-host sendiri)

WordPress adalah platform yang sangat populer untuk meluncurkan blog.

Mereka menawarkan dua versi perangkat lunak mereka:

  • WordPress.org
  • WordPress.com

Kita akan berbicara tentang WordPress.com dalam satu menit, tapi Anda perlu tahu bahwa WordPress.org adalah apa yang banyak pemilik situs web di dunia gunakan.

Alasan mengapa WordPress.org sangat populer adalah karena dengan mudah memberi Anda kontrol penuh atas situs Anda. Ini adalah perangkat lunak open-source dan diperbarui setiap beberapa bulan agar tetap memberikan penggunanya semua fitur baru terbaru.

Mereka juga memiliki aplikasi seluler yang memungkinkan Anda blog dari ponsel Anda – Anda dapat mengunggah gambar, menulis posting, dan membalas komentar.

Yang sangat saya sukai dari platform ini adalah kemudahan penggunaan. Siapapun bisa memulai blog secara harfiah beberapa menit. Misalnya, Anda bisa memilih paket perdana dari Bluehost hosting dan memilih nama domain Anda. Bluehost secara otomatis akan menginstal blog anda, dan kemudian anda bisa mulai ngeblog. Bacalah tutorial ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang hal ini.

Ini juga sangat mudah untuk mulai menulis dan menyesuaikan struktur blog Anda.

Dan tidak seperti banyak platform lainnya di luar sana, karena Anda membuat blog ini di server hosting Anda sendiri, Anda juga menjadi lebih dari sekadar seorang blogger. Anda bukan hanya pilot pesawat tapi juga pemilik pesawat.

  • Dengan kata lain, Anda memiliki blog Anda.

Anda tidak perlu khawatir tentang beberapa pesaing yang secara salah mengeluh terhadap layanan blogging Anda dan membuat blog Anda terhapus (hal-hal ini terjadi).

Tapi jika Anda tidak benar-benar ingin membuat blog Anda populer atau menghasilkan uang dari blogging ( seperti melalui Google AdSense ), maka Anda tidak benar-benar membutuhkan platform ini. Anda bisa memulai platform gratis dan beralih ke yang ini jika / saat Anda siap.

Tapi, jika Anda serius menjadi blogger, maka WordPress.org adalah platform yang Anda butuhkan.

2. WordPress.com (Lebih mudah digunakan daripada WP.org namun hadir dengan keterbatasan)

Seperti yang saya sebutkan di atas, WordPress menawarkan dua versi, dan WordPress.com adalah yang lainnya.

Jika Anda masih ragu menggunakan WordPress.org, saya sarankan Anda maju dan membuat blog Anda di WordPress.com . Ini memberi Anda kesempatan untuk menggunakan WordPress tanpa mengeluarkan uang receh (WordPress.org bebas digunakan, namun Anda tetap perlu membeli hosting dan domain ).

WordPress.com akan membantu Anda terbiasa dengan platform WordPress. Anda akan belajar hal-hal seperti bagaimana menulis posting blog, bagaimana memoderatori komentar, dan bagaimana mengelola dasbor.

WordPress.com juga berguna bila Anda tidak yakin dengan nama domain Anda.

Biasanya, saat kita memulai, kita menggunakan nama yang menurut kita berguna, tapi kemudian kita sadari betapa buruknya itu. Nah, kita semua membuat kesalahan konyol seperti itu dalam beberapa hari pertama blogging, dan platform bebas semacam itu memastikan bahwa kesalahan ini tidak mempengaruhi kantong kita.

WordPress.com menawarkan nama domain gratis seperti yourname.WordPress.com, dan jika Anda mau, Anda juga bisa meng-upgrade ke nama domain “nyata” ( custom domain name ) seperti domain.com dengan sedikit uang.

Ada lebih banyak fitur berbayar yang tersedia di WordPress.com yang meningkatkan kemampuannya, namun seperti yang saya sebutkan sebelumnya, jika Anda ingin menggunakan fitur “premium”, lebih baik dan lebih murah untuk pergi dengan WordPress.org.

3. BlogSpot oleh Google (alternatif gratis dan layak untuk WordPress)

Bagi yang ingin menguji kemanisan blogging, BlogSpot adalah platform hebat lainnya yang bisa Anda gunakan secara gratis. Ini adalah platform Google, dan karena itu, arsitektur di sini benar-benar berbeda dari WordPress.

Tapi, secara umum, blogging di BlogSpot itu mudah dan ramah newbie.

Saya memulai blog pertamaku di BlogSpot 9 tahun yang lalu. Setelah menggunakannya selama hampir 2 bulan, saya beralih ke WordPress (.org) … Dan saya tidak pernah menoleh ke belakang!

Jika melihat grafik Google Trends , Anda dapat melihat dengan jelas bagaimana popularitas BlogSpot telah menurun dalam 5 tahun terakhir.

BlogSpot menawarkan aplikasi seluler yang memungkinkan Anda melakukan semua tugas penerbitan dan pengelolaan dari ponsel Anda. Namun, aplikasinya tidak ditingkatkan sesering seharusnya.

Jika Anda memiliki ponsel Android, Anda dapat mendownload aplikasi dari sini dan memeriksanya sendiri. Satu hal yang akan Anda sukai tentang BlogSpot adalah Anda dapat memonetisasi blog Anda namun Anda mau ( AdSense , Amazon Associates , posting sponsor , iklan langsung , dll.).

Dulu saya merekomendasikan BlogSpot kepada orang-orang, tapi meskipun itu adalah platform yang layak, dalam beberapa tahun terakhir ini telah berantakan. Jika Anda mencari platform gratis untuk meluncurkan blog Anda, Anda harus melihat WordPress.com

Kesimpulan: Platform Blogging mana yang akan dipilih?

Berikut adalah rekomendasi saya:

  • WordPress.org : Ini adalah pemenang yang jelas. Ini yang paling banyak digunakan di dunia, ini diperbarui secara rutin dengan fitur baru, aplikasi ini memiliki aplikasi seluler, dan tidak ada batasan.
  • WordPress.com: Jika Anda ingin merasakan kekuatan WordPress tapi ragu-ragu untuk pergi semua-masuk, pilih WordPress.com.
  • BlogSpot: Jika semuanya gagal, pilih BlogSpot.

Sekarang, jika Anda telah mendarat di halaman ini karena Anda telah banyak melakukan penelitian tentang bagaimana kekuatan blogging dapat mengubah hidup Anda (dan itu bisa), jangan terlihat lebih jauh dari WordPress.org. Jika Anda masih tidak yakin dan hanya ingin mulai menulis, pilih WordPress.com. Akhirnya, Anda akan menyadari bahwa Anda perlu berada di WordPress.org, dan saat Anda beralih, Anda akan memiliki fondasi yang baik untuk dibangun di atas.

Jadi setelah belajar tentang keempat platform ini, mana yang akan Anda pilih? Biarkan saya mendengar pemikiran Anda di komentar di bawah ini!

Seperti posting ini? Jangan lupa untuk membaginya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here