Home Berita Internet Manfaatkan Kekuatan Konten Dari Pengguna Untuk Membuat Blog Tulisan yang Memikat

Manfaatkan Kekuatan Konten Dari Pengguna Untuk Membuat Blog Tulisan yang Memikat

152
0
SHARE

Ini hanyalah contoh kecil tentang seberapa luas sumber konten buatan pengguna dapat berada di platform media sosial terkemuka seperti Twitter dan Instagram. Dan berikut ini yang saya dapatkan dari twitter.

Lewatlah sudah hari-hari ketika platform seperti Twitter hanya digunakan oleh influencer untuk bereaksi terhadap topik tertentu. Dewasa ini, media sosial membuat berita. Jika Anda seorang pemasar konten atau blogger, maka Anda dapat dengan mudah menggunakan media sosial sebagai sumber konten yang luas.

Dari mendapatkan informasi di lapangan untuk menyusun reaksi terhadap topik tertentu, ada banyak hal yang dapat dilakukan seseorang dengan konten buatan pengguna. Anda kemungkinan sudah membaca beberapa posting blog di masa lalu yang menampilkan berbagai jenis konten buatan pengguna.

Dalam posting ini, saya akan membuat Anda terbiasa dengan kekuatan konten buatan pengguna dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat entri blog yang menarik.

Tapi sebelum kita mulai, mari kita bahas dasar-dasarnya.

Mengapa begitu penting konten buatan pengguna?

Setiap jenis konten yang dibuat oleh pengguna di media sosial, tanpa kontribusi berbayar, dapat diklasifikasikan sebagai konten buatan pengguna.

Bisa jadi apa saja dari tweet sederhana ke video, atau foto, atau posting blog, atau apapun di antaranya. Idealnya, informasi ini dapat diakses oleh publik dan dapat digunakan sebagai referensi juga.

Karena UGC(user-generated content) memiliki nuansa pribadi, video ini mudah bergaung dengan pemirsa. Inilah yang membuatnya begitu kuat. Dengan memasukkan beberapa konten UGC yang dikurasi dengan curiga di posting blog Anda, Anda dapat memudahkan audiens untuk menghubungkan diri mereka dengan itu.

Berikut beberapa manfaat penggunaan UGC:

  1. Menambahkan kredibilitas ke posting blog Anda.
  2. Menghasilkan koneksi pribadi dengan pembaca Anda.
  3. Membuat konten Anda lebih otentik dan relatable.
  4. Memberdayakan semua pengguna yang kontennya Anda pilih, karena memberi mereka suara tambahan.
  5. Menghemat waktu Anda saat tampil dengan konten asli.

Menurut penelitian terbaru, UGC telah ditemukan 50% lebih dapat dipercaya, 35% lebih berkesan, dan 20% lebih berpengaruh pada pendengarnya. Sekarang setelah Anda mengetahui berbagai manfaat konten buatan pengguna, mari lanjutkan dan pelajari bagaimana pemasar konten dan blogger dapat menggunakannya sesuai keinginan mereka.

 1. Mulailah dengan mengidentifikasi audiens Anda.

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa tidak peduli seberapa bagus konten Anda, jika tidak dapat menjangkau khalayak sasarannya, usaha Anda akan menjadi sia-sia pada akhirnya. Oleh karena itu, sebelum Anda mulai menggali UGC dari saluran media sosial utama, selangkah lagi dan kenali audiens Anda .

Jika Anda menjalankan blog , maka Anda harus tahu niche Anda dan jenis pembaca yang ingin Anda jangkau. Cobalah untuk menciptakan kelompok yang besar dan relevan. Jangan membatasi diri Anda pada genre yang terbatas. Meskipun selalu disarankan untuk mengetahui niche Anda, Anda harus terbuka terhadap gagasan baru sambil juga menemukan audiens Anda.

Selain itu, jika Anda bingung, maka Anda dapat selalu mengunjungi bagian “Wawasan” di akun Twitter Anda untuk mengetahui lebih banyak tentang audiens Anda. Dari demografi keseluruhan untuk kepentingan tertentu, Anda dapat memperoleh informasi mendalam tentang mereka dengan alat ini. Ini akan membantu Anda mengemukakan jenis topik yang akan dihargai oleh audiens Anda.

2. Kenali tentang pemimpin industri dan influencer.

Setelah membuat daftar domain yang ingin Anda sampaikan, ketahui tentang pakar industri terkemuka dan influencer.

Ada banyak alat di luar sana yang dapat membantu Anda melacak pengguna terkemuka di media sosial berkenaan dengan domain mereka. Anda juga bisa mempertimbangkan nilai Klout mereka untuk memprioritaskannya.

Beberapa alat yang tersedia yang dapat membantu Anda mengidentifikasi influencer adalah:

  • Traackr
  • Linkdex
  • BuzzSumo
  • Little Bird

Anda juga dapat mengambil bantuan alat pendengar media sosial terkemuka untuk melacak pakar dan pemimpin industri.

Buatlah daftar lengkap berbagai influencer dan lacak aktivitas mereka di media sosial. Anda akan bisa mendapatkan banyak konten dari sumber-sumber ini.

3. Lacak topik yang sedang berlangsung.

Jika Anda ingin mengemukakan jenis posting blog yang akan menjadi virus dalam waktu singkat, Anda perlu tahu apa yang ada dan apa yang ada di luar.

Sebagian besar saluran media sosial seperti Twitter dan Facebook telah menyediakan bagian unggulan untuk topik “tren” mereka. Anda dapat dengan mudah mengetahui bagaimana orang bereaksi dengan sekali klik.

Selalu tetap di atas topik tren saat ini. Manfaatkan tren ini dan sampaikan entri blog yang menarik di sekitar mereka. Jika Anda dapat memanfaatkan topik yang sedang tren saat ini, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menyebarkan keseluruhan jangkauan konten Anda (dan mendatangkan lebih banyak pengunjung).

4. Fokus pada acara yang akan datang.

Selain topik yang sedang tren, usahakan juga untuk mengenal acara yang akan datang. Kita semua tahu bagaimana media sosial bereaksi terhadap peristiwa seperti #NoShaveNovember dan # BlackHistoryMonth.

Anda harus selalu beberapa langkah di depan orang lain dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang acara mendatang yang terkait dengan niche Anda. Twitter Analytics sudah menyediakan cakupan yang luas mengenai hal yang sama. Dengan alat ini, Anda dapat dengan mudah mengetahui tentang acara yang akan datang, cakupannya, dan berbagai jenis data demografis terkait.

Selanjutnya, Anda bisa mengaplikasikan beberapa filter sekaligus untuk memilih event yang sempurna untuk blog.

Cukup kunjungi tab “Peristiwa” di laman Analytics untuk mendapatkan hasil seperti ini:

Cukup telusuri apa yang dibicarakan pengguna lain terkait acara yang Anda minati, dan sampaikan pos blog yang menarik seputar topik itu.

5. Lakukan social media listening.

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengotomatisasi proses pengumpulan konten buatan pengguna.

Cukup dengan bantuan alat pendengar media sosial yang komprehensif (seperti Socialert ) dan dapatkan pembaruan real-time mengenai kata kunci atau hashtag yang Anda berikan.

Selain itu, Anda dapat memfilter hasil berdasarkan parameter, demografi, dan bahkan kata kunci yang berbeda. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi influencer terkemuka dan memberi tahu beberapa tweet paling populer mengenai topik Anda.

Ini tentu akan menghemat waktu dan tenaga Anda sambil memberikan hasil yang sangat mudah.

Anda juga dapat melakukan analisis sentimen dan menetapkan durasi waktu yang terbatas untuk menyaring suara yang tidak relevan.

6. Jadilah lebih spesifik dan relevan (saring pencarian Anda).

Platform media sosial populer seperti Twitter dan Instagram cukup beragam, dan juga bisa sedikit berlebihan. Jika Anda ingin mengekstrak UGC menggunakan antarmuka asli mereka, Anda harus menghabiskan banyak waktu dan sumber daya untuk memikirkan semuanya.

Oleh karena itu, Anda harus sespesifik mungkin agar mendapatkan informasi yang tepat.

Cobalah untuk lebih relevan dan datang dengan kata kunci yang tepat untuk memfilter pencarian Anda. Misalnya, jika Anda mencari acara lokal, Anda dapat dengan mudah membatasi pencarian Anda ke lokasi geografis tertentu.

Selanjutnya, Anda dapat berfokus pada durasi waktu, jenis kelamin, batas usia, dll yang spesifik untuk memberi tahu konten buatan pengguna yang lebih menarik.

7. Pertahankan posisi netral.

Jika Anda ingin mempertahankan keaslian di posting blog Anda, maka Anda harus mengambil posisi netral.

Kapan pun Anda mencoba menemukan UGC di media sosial, cobalah mendekati subjek itu dari perspektif yang berbeda. Meskipun tidak ada yang salah dengan memberikan pendapat yang kuat tentang suatu topik sesekali, Anda seharusnya tidak membiarkan hal itu membahayakan keseluruhan keaslian konten Anda.

Ini juga akan menampilkan berbagai konten buatan pengguna dan memberikan pandangan nyata pada topik masing-masing.

Anda dapat mengambil bantuan pencarian lanjutan Twitter untuk menemukan konten buatan pengguna berdasarkan sentimen.

8. Cobalah untuk lebih beragam.

Seperti yang dinyatakan, ada berbagai jenis konten buatan pengguna yang dapat disertakan dalam posting blog Anda.

Sebagian besar waktu, pemasar konten hanya menggali melalui berbagai tweet dan memasukkannya ke konten lainnya. Meskipun ini pendekatan yang bagus, Anda juga harus mencoba mendorong amplop untuk mencapai rasa kesegaran dan keragaman.

Selain tweet, Anda selalu bisa menambahkan foto, video kecil, meme, GIF, dan jenis konten menarik lainnya .

Anda selalu dapat menemukan berbagai kategori konten yang sudah disaring di Twitter untuk kenyamanan Anda. Cukup pilih jenis konten yang sesuai dengan postingan blog Anda.

Meski begitu, tak ada salahnya memasukkan beberapa pos Instagram atau link video YouTube. Ini pasti akan membuat postingan anda lebih menarik dan beragam.

 9. Fokus pada membangun sebuah komunitas.

Kapan pun Anda menggali UGC dari platform media sosial, jangan pernah menggunakannya dengan cara yang salah.

Selalu mencoba untuk menghargai konten ini dan jangan menyampaikan komentar merendahkan atau merendahkan tentang hal itu. Tujuan Anda adalah untuk memanfaatkan komunitas yang menarik dan sehat.

Cobalah untuk tidak membuat orang turun saat menggunakan konten mereka, dan selalu hargai mereka atas usaha mereka.

Selain itu, jika menurut Anda konten itu bersifat pribadi, maka mintalah pengguna tersebut sebelum membagikannya di blog Anda. Sekalipun konten yang tersedia ditandai sebagai “publik”, mereka mungkin memiliki masalah dengan Anda membagikannya dengan audiens Anda.

Setiap blogger membutuhkan komunitas yang menarik .

Lagi pula, inilah yang bertindak sebagai kekuatan pendorong dan mengilhami Anda untuk tampil dengan tulisan yang lebih menarik dalam jangka panjang.

Singkatnya: Hormati pembaca Anda dan manfaatkan komunitas yang sehat. Cara Menggunakan Konten yang Dihasilkan Pengguna

Saya yakin setelah mengetahui banyak tentang konten buatan pengguna, Anda akan dengan mudah dapat memanfaatkannya sesuai kebutuhan Anda.

Konten semacam inilah yang bisa mengumpulkan banyak perhatian untuk Anda dan blog Anda.

Ikuti saran yang disebutkan di atas untuk mengambil bantuan UGC untuk tampil dengan beragam, otentik, dan menarik posting blog.

Bila Anda membiarkan audiens mengetahui bahwa jari Anda tertuju pada denyut nadi dan dapat memberi mereka konten yang segar, relevan, dan menarik, mereka akan menghargai Anda untuk itu, dan Anda akan segera menjadi otoritas.

Bagaimana Anda mencari dan memanfaatkan konten buatan pengguna yang relevan di media sosial? Apa tip anda untuk melakukannya? Silahkan berbagi pengalaman anda dengan kami di komentar di bawah ini!

Seperti posting ini? Jangan lupa untuk membaginya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here