Tutorial Cara Membuat Blog WordPress Pribadi

Posted on

Pernahkah Anda ingin membuat blog pribadi?

Sebuah blog yang hanya bisa dilihat oleh Anda atau mungkin hanya beberapa orang terpilih saja.

Siapa yang tidak ingin memiliki ruang pribadi seperti itu?

Bingung bagaimana hal itu dilakukan?

Baca ..

Pertama mari kita mengerti mengapa blogger yang ada mungkin perlu membuat postingan blog pribadi atau keseluruhan blog WordPress pribadi.

Jika Anda seperti kebanyakan blogger, Anda mungkin selalu berusaha mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda. Namun, terkadang Anda mungkin memiliki situasi spesifik di mana Anda ingin pergi ke arah lain dan membuat satu entri blog (atau halaman) pribadi atau membuat keseluruhan blog Anda menjadi pribadi .

Ini bisa membantu jika Anda ingin membuat halaman khusus hanya untuk orang-orang tertentu (seperti konten khusus anggota) atau jika Anda hanya ingin tempat pribadi berbagi pemikiran Anda. Secara jangka pendek, ini juga membantu untuk melihat pratinjau konten di lingkungan hidup tanpa memaparkan pembaca Anda ke konten yang belum siap Anda publikasikan.

Di posting ini, saya akan membagikan dua cara berbeda untuk membuat WordPress pribadi. Anda akan belajar:

  • Cara membuat satu posting blog atau halaman pribadi
  • Cara membuat seluruh situs WordPress Anda pribadi

Mari kita mulai …

Cara Membuat Post WordPress Tunggal Atau Halaman Pribadi

WordPress sebenarnya memiliki fitur untuk membuat post atau page private di software inti WordPress. Tapi untuk mendapatkan hasil maksimal dari fitur ini, ada baiknya mengetahui beberapa triknya. Saya akan membahas mengapa sebentar lagi.

Pertama, mari kita melalui proses dasar pembuatan post private:

Untuk mengakses pengaturan privasi untuk sebuah posting atau halaman:

  • Edit posting atau halaman yang ingin Anda jadikan pribadi
  • Cari opsi Visibilitas di bawah kotak Publish di sebelah kanan
  • Klik Edit

Kemudian, Anda memiliki dua pilihan:

  • Pengguna yang dilindungi kata sandi yang mencoba melihat pos perlu memasukkan kata sandi sebelum mereka dapat melihatnya.
  • Pengguna hanya pribadi yang masuk dan memiliki hak istimewa tingkat tinggi dapat melihat posnya. Orang lain yang mencoba mengakses pos melalui URL langsungnya akan melihat halaman kesalahan 404 .

Di bawah ini, saya akan membahas dengan tepat bagaimana kedua opsi ini berfungsi dan berbagi beberapa trik bermanfaat yang dapat Anda gunakan untuk membuatnya lebih fleksibel.

Panduan Visibilitas Terlindungi Password WordPress

Bila Anda memilih Password protected, Anda akan mendapatkan opsi untuk memasukkan kata sandi Anda:

Posting blog masih akan muncul di daftar arsip blog Anda ( itu berarti pengunjung anonim masih akan melihatnya di dalam daftar ), baru sekarang akan terlindungi: tampilkan sebelum judul posting blog:

Siapa pun yang mengeklik pos akan melihat laman masuk:

Baru setelah memasukkan password mereka bisa melihat postingan.

Semua dalam semua, itu sangat mudah. Tapi inilah salah satu tip keren yang tidak banyak orang ketahui:

Jika Anda membuat semua kata kunci pada posting pribadi Anda sama, pengguna dapat membuka semua posting tersebut hanya dengan memasukkan kata sandi satu kali. Jadi begitu mereka memasukkan password pada postingan pertama, semua posting lainnya akan tersedia.

Di sisi lain, jika Anda menggunakan kata kunci yang berbeda, pengguna perlu memasukkan kata sandi untuk setiap posting dengan kata kunci yang berbeda.

Keren banget kan

Dengan membuat kata sandi yang sama (atau berbeda), Anda dapat dengan mudah membuat beberapa posting pribadi dan masih memiliki kontrol terperinci mengenai siapa yang memiliki akses.

Panduan Visibilitas Pribadi WordPress

Jika Anda memilih untuk membuat pos atau halaman Private dan bukan Password protected , maka satu-satunya orang yang dapat melihat pos tersebut masuk pengguna dengan peran pengguna Administrator atau Editor :

Pengguna yang masuk dan memiliki peran pengguna tersebut akan dapat melihat posnya. Satu-satunya perbedaan adalah WordPress menambahkan Private: di depan judul posting (bukan Dilindungi: seperti contoh kata sandi di atas):

Selain itu, saat Anda membuat pos Pribadi , itu tidak akan muncul di halaman arsip blog Anda. Sekali lagi, itu perbedaan lain dari proteksi password.

Jika seseorang mencoba mengakses URL pos pribadi secara langsung, mereka akan melihat laman kesalahan standar 404 seperti ini:

Seperti proteksi password, saya punya trik bagus lain agar Anda membuat fungsi ini lebih hebat:

Jika Anda ingin orang lain selain administrator dan editor dapat melihat konten pribadi Anda, Anda dapat menggunakan plugin gratis yang disebut Editor Peran Pengguna untuk memberi mereka kemampuan itu.

Misalnya, membiarkan pengguna masuk biasa melihat pos pribadi, Anda dapat:

  • Buka Users → User Role Editor (setelah menginstal dan mengaktifkan plugin)
  • Pastikan Anda melihat Pelanggan di drop-down (ini adalah peran default pengguna reguler di situs Anda)
  • Centang kotak untuk read_private_pages dan read_private_posts
  • Klik Perbarui untuk menyimpan perubahan Anda

Sekarang, bahkan pengguna WordPress biasa Anda akan dapat melihat semua pos dan halaman pribadi Anda (selama mereka masuk).

Cara Membuat Website Pribadi dengan WordPress

Terkadang, Anda mungkin ingin melampaui pos dan halaman individual untuk membuat keseluruhan situs WordPress Anda menjadi pribadi.

Dalam hal ini, Anda memiliki beberapa pilihan tergantung kebutuhan Anda. Jika kamu:

  • Hanya ingin membuat situs Anda pribadi saat Anda melakukan pemeliharaan, Anda mungkin akan lebih baik menggunakan plugin perawatan WordPress .
  • Perlu situs pribadi yang rumit tempat Anda dapat menerima pembayaran dengan imbalan akses ke situs Anda, maka Anda akan menjadi yang terbaik dengan plugin keanggotaan WordPress .
  • Ingin situs pribadi dasar tempat pengguna perlu masuk untuk melihat konten Anda, Anda dapat menggunakan plugin Situs Pribadi Saya yang akan saya bahas di bawah ini.

Situs Pribadi Saya adalah plugin situs pribadi yang paling umum, jadi karena itulah saya akan menggunakannya untuk tutorial ini tentang cara membuat keseluruhan situs WordPress Anda menjadi pribadi.

Pastikan Anda menginstal dan mengaktifkan plugin terlebih dahulu.

Langkah 1: Aktifkan Fungsi Situs Pribadi

Untuk membuat situs Anda pribadi setelah mengaktifkan plugin:

  • Buka Pengaturan → Situs Pribadi di dasbor WordPress Anda
  • Centang kotak untuk Situs Pribadi
  • Simpan perubahan Anda

Pada titik ini, situs Anda bersifat pribadi. Siapa pun yang belum masuk akan melihat halaman masuk WordPress biasa jika mereka mencoba mengakses bagian situs Anda:

Anda masih harus mengkonfigurasi beberapa pengaturan tambahan untuk mengontrol bagaimana segala sesuatunya berfungsi.

Langkah 2: Putuskan Jika Orang Bisa Mendaftarkan Diri Sendiri ke Situs Anda

Selanjutnya, gulir ke bawah ke bagian Allow Self-Registration dan pilih apakah membiarkan orang membuat akun di situs Anda atau tidak?

  • Jika Anda mencentang kotaknya, situs Anda masih terbilang luas karena siapa saja bisa membuat akun untuk melihat konten Anda.
  • Jika Anda membiarkan kotak tidak dicentang, Anda harus membuat akun pengguna secara manual untuk semua orang yang ingin Anda lihat di situs Anda.

Langkah 3: Kontrol Cara Pengguna Masuk ke Situs Anda

Di bagian Arahan Lokasi dan Bagian Masuk Kanan, Anda dapat:

  • Pilih halaman mana yang diikuti pengguna setelah mereka masuk
  • Buat halaman login kustom Anda sendiri untuk digunakan, bukan halaman login WordPress standar

Langkah 4: (Opsional) Buat Beberapa Halaman Publik

Jika Anda masih ingin membuat beberapa konten di situs Anda menjadi publik, Anda dapat menggunakan bagian Visible Exclusions untuk membuat:

  • Beranda Anda publik
  • Bagian tertentu dari konten publik
  • Seluruh kategori publik (menggunakan fitur Prefix URL )

Pikiran Akhir Membuat WordPress Pribadi

Jika Anda hanya perlu membuat posting atau halaman individual pribadi, fungsionalitas inti WordPress sangat membantu dan, dengan beberapa trik yang dibagikan di atas, cukup fleksibel juga.

Untuk membuat keseluruhan situs Anda menjadi pribadi, Anda memerlukan sebuah plugin. Situs Pribadi Saya menyediakan pilihan umum yang bagus. Tapi untuk penggunaan yang lebih spesifik, Anda mungkin lebih baik menggunakan plugin keanggotaan , plugin perawatan , atau bahkan sistem manajemen pembelajaran .

Apakah Anda memiliki pertanyaan lain tentang bagaimana membuat WordPress menjadi pribadi? Bagikan di komentar dan kami akan mencoba membantu.

Gravatar Image
Panduan lengkap belajar bisnis online & tips membuat website serta tutorial SEO dan Blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *